Kegiatan KWT mekar tani bulan agustus kampung tridarma wirajaya

Kebun Sayuran Milik KWT Mekar Tani di Lokasi Kebun Demplot ( dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Pemerintah berupaya menggerakkan kembali budaya menanam di lahan pekarangan, baik di perkotaan maupun di pedesaan. Untuk itum Kementerian Pertanian telah menyusun suatu konsep yang disebut dengan kawasan rumah pangan lestari (KRPL) sebagai salah satu upaya mendukung ketahanan pangan dan mewujudkan kemandirian pangan.

Prinsipnya adalah pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga, serta peningkatan pendapatan yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan melalui partisipasi masyarakat.

Ibu-Ibu KWT Sedang Menyebar Benih Sayuran. (dokumen desa.id – foto : badar)

Dalam rumah pangan, pekarangan dimanfaatkan secara optimal untuk budidaya tanaman pangan, buah dan sayuran serta tanaman obat keluarga (toga). Selain itu dapat juga dimanfaatkan untuk pemeliharaan ternak dan ikan serta pengolahan limbah rumah tangga menjadi kompos. Ternak yang dikembangkan dalam sebuah rumah bisa berupa ayam, kambing serta perikanan lele.

Tujuan dari pengembangan rumah pangan adalah untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, mengembangkan ekonomi produktif dan menciptakan lingkungan hijau yang bersih dan sehat. Melalui pengembangan KRPL tersebut selain untuk kebutuhan anggota juga untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi warga.

Sebagian kegiatan ibu-ibu Sedang Menyiram Tanaman Sayuran (dokumen desa.id – foto : badar)

Keberadaan KWT Mekar Tani merupakan jawaban dari kelompok wanita tani yang bergerak dalam bidang pertanian, untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi anggota. Untuk itu berbagai kegiatan telah dilakukan di bulan Agustus. Kegiatan itu diantaranya penyebaran benih dan pemanenan kangkung di kebun demplot.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan