Camat Banjar Agung buka pelatihan lanjutan penginputan data penduduk di sideka

Camat Banjar Agung Sudieman SH di Dampingi Relawan TIK Kabupaten Tulang Bawang Dana Putra Yuda Dalam Pembukaan Pelatihan Sideka Lanjutan Kecamatan Banjar Agung,(dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Pengembangan system informasi desa dan kawasan, tidak bisa dilihat sebagai langkah teknis dan administrative. Akses informasi harus diletakkan dalam kerangka yang lebih luas: suatu pintu yang membuka banyak kemungkinan bagi desa untuk ambil bagian dalam mengurus urusan rumah tangganya, dan pada saat yang bersamaan menjadi langkah kontribusi desa dalam ikut menjadi bagian dari penyelesaian masalah-masalah bangsa. Oleh sebab itu pula, konsepsi system informasi desa, penting untuk dilihat tidak dalam kerangka dari atas ke bawah, tetapi juga dari bawah ke atas dan dinamika relasi tersebut. Pemerintah Daerah dalam hal ini punya kewajiban untuk mengembangkan system informasi desa, namun di sisi yang lain, desa dan para pihak yang mendorong pembangunan desa, juga memiliki kesempatan untuk memajukan suatu system, terutama agar informasi yang tersedia benar-benar informasi yang punya makna dalam gerak maju desa.

Peserta Pelatihan (dokumen desa.id – foto : badar)

Desa sendiri harus mulai dengan tiga kebaruan, yakni: (1) kesadaran baru – suatu kesadaran yang menempatkan informasi sebagai titik penting dalam keseluruhan pergerakan desa untuk membangun; (2) ketrampilan baru – pada khususnya dalam menghimpun, mengolah, mengelola dan menggunakan informasi, termasuk penggunaan teknologi informasi; dan (3) kebiasaan baru. Apa yang paling utama dari hal yang terakhir ini adalah bahwa soalnya bukan terletak pada penghimpunan informasi dan menatanya menjadi sumber informasi yang akurat.

Sideka Kecamatan Banjar Agung yang tergabung dalam forum Sideka Kecamatan Banjar Agung mengadakan pelatihan lanjutan ke tiga, bertema penginputan data penduduk, keuangan dan surat menyurat. Pelatihan bertempat di Aula Kantor Kampung Tri Tunggal Jaya yang diikuti oleh Operator dari masing-masing Kampung. Pelatihan berlangsung satu hari dan dibuka langsung oleh Camat Banjar Agung, Sudirman, SH. dan sebagai narasumber Dana Putra Yuda relawan TIK Kabupaten Tulang Bawang.

Peserta Sedang Menginput Data Kependudukan Dengan Sideka(dokumen desa.id – foto : badar)

“Keberadaan Sidike di Kecamatan Banjar Agung merupakan kebanggaan sendiri buat saya. Silahkan untuk belajar dan meningkatkan pengetahuan. Saya berharap Sideka Banjar Agung menjadi pelopor di Kabupaten Tulang Bawang.” Sambut Camat Banjar Agung. “Secara nasional untuk sideka Kecamatan Banjar Agung dalam penulisan di website desanya sudah berjalan aktif. Selain itu perlu ditingkatkan untuk kependudukan dan keuangan, supaya tampak di layar monitoring warna hijau. Dan saya harap untuk penginputan kependudukan di bulan september 2018 sudah tuntas, ” lanjutnya.

Pelatihan Sideka Kecamatan Banjar Agung mendapat tamu kehormatan dengan kedatangan Camat Gedung Aji Baru, Bapak Agus Waluyo dan Ktut Romeo . Kedatangannya ingin menyaksikan langsung kegiatan Sideka Banjar Agung terkait di Kecamatan Gedung Aji Baru sudah mulai menggunakan Sideka dan serempak setiap kampung sudah terpasang wifi.

Camat Gedung Aji Baru Bapak Agus Waluyo dan Ktut Romeo Ikut Hadir Dalam Pelatihan Sideka di Kecamatan Banjar Agung . (dokumen desa..id – foto : badar)

“Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menindaklanjuti latihan yang sudah dilaksnakan beberapa waktu yang lalu. diharapkan untuk penginputan penduduk tuntas di bulan september. Selain itu untuk meningkatkan kualitas para operator dalam mennyajikan data di Kampung ,masing-masing.” “Sambut jaini Ketua Forum Sideka Banjar Agung. Selain itu diharapkan para operator untuk kedepanya menjadi lieder bagi kampung-kampung lain, karena pembelajaran ini dari kita untuk kita,” lanutnya

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan