Kegiatan kwt mekar tani minggu kedua bulan agustus kampung tridarma wirajaya

Tanaman Sayuran Milik KWT Mekar Tani, Siap Untuk Dipanen (dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) merupakan upaya pengelolaan pekarangan melalui pendekatan terpadu berbagai jenis tanaman, ternak dan ikan, sehingga akan menjamin ketersediaan bahan pangan yang beraneka ragam secara terus menerus guna pemenuhan gizi keluarga, sehingga tercapai sasaran yang diharapkan secara lestari.

Keberadaan Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Tani Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang merupakan kelompok wanita tani yang mampu memenuhi kebutuhan akan sayur dan ikan untuk anggota khususnya dan warga sekitar pada umumnya.

Kegiatan di minggu kedua di rumah bibit ada tanaman daun bawang, seledri. Sedangkan di kebun demplot menabur sayuran kangkung dan sawi. sebagian sudah mulai tumbuh dan siap untuk dipanen. Kegiatan di kebun sekolah masing dalam pengelohan lahan untuk sayur-sayuran. Sedangkan di rumah anggota masih ada berbagai jenis tanaman sayurandidalam pot seperti cabai, terong daun bawang

Sebagian Angota KWT Sedang Menyiram Tanaman.(dokumen desa.id – foto : badar)

Selain pengolahan lahan untuk sayuran ada juga ternak ikan lele. baik yang berada di rumah anggota ataupun milik kelompok. sampai minggu kedua bulan Agustus kolam lele sudah tiga kali tanam . untuk tahap ketiga sudah berumur satu bulan setengah.

Dengan adanya kelompok wanita tani angota khusunya dapat menikmati hasil tanaman sendiri atau kelompok. Tepenuhinya sayuran dan ikan yang tidak perlu membeli. Semua sudah tersedia dan terpenuhi dengan hasil karya sendiri. Hal ini sesuai dengan tujuan pemerintah supaya kmsumsi sayuran dan peningkatan gizi keluarga dapat terpenuhi.

Anggota KWT Sedang Menabur Benih Sayuran. (dokumen desa.id – foto : badar)

Setelah beberapa kali panen, anggota sudah dapat merasakan manfaatnya, diantara terpenuhinya konsumsi sayuran dan lauk. Sealin untuk konsumsi sebagian hasil penen telah dijual. Dengan demikian merasakan dua manfaat, selain dikomsumsi ternyata dapat menambah penghasilan keluarga .

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan