Pembangunan jalan produksi pertanian banyak pohon yang tumbang

Alat Berat Boldozer Sedang Melakukan Pekerjaan di Jalan Produksi Pertanian. (dokumen desa.id - foto : haryanto)

tridarmawirajaya.desa.id | Pembangunan Kampung melalui dana bantuan dari pusat yang disebut dengan bantuan dana desa sudah mulai rame. Bukan hanya Kampung Tridarma Wirajaya, tetapi semua Kampung yang telah menerima bantuan dana desa empat puluh persen tahap dua.

Dengan turunnya bantuan dana desa berarti pembangunan di setiap kampung siap untuk dimulai. Pembangunan biasanya di titik bratkan di bidang dua, yaitu bidang kegiatan pembangunan. Dalam bidang ini paling banyak menyedot anggaran di banding tiga bidang lainnya.

Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, tidak mau ketinggalan. Ada beberapa bidang kegiatan yang sedang dilaksnakan.Kegiatan pembangunan di bidang dua, yaitu Kegiatan Pembangunan. Dalam bidang dua ini sedang di bangun podium olah raga, draenase, dan sarana jalan produksi pertanian. Sedangkan di bidang pemberdayaan adalah peningkatan kapasitas linmas.

Masyarakat gotong royong dalam pembangunan jalan produksi. (dokumen desa.id – foto haryanto)

Pembangunan jalan produksi salah satunya pembangunan yang diamanatkan masyarakat melalui Angaran Pendapatan Kampung (APBK )sedang di laksanakan. Jalan tersebut adalah jalan di peladangan untuk mengeluarkan hasil bumi. Semula jalan itu sudah ada dikarenakan sudah rusak, maka disepakati untuk di perbaiki.

Perbaikan jalan profuksi menggunakan alat berat berupa boldozer, sebab banyak pohon karet yang perlu di gusur untuk pelebaran jalan. Setelah dikerjaan pada tahap awal menggunakan boldozer, tahap kedua menggunakan alat berat glader untuk meratakan tanah.

Kegiatan pembangunan jalan produksi pertanian bersumber dari dana desa sejumlah Rp 45.000.000,- ( empat puluh lima juta rupiah ) ditambah dengan dana swadya dari pemilik ladang sebear Rp 60.000,- (enam puluh ribu rupiah ) per hektar. Dana bantuan dan dan dari swadaya dikelola oleh panitia. Sistem pembayaran sebesar Rp 650.000<- (enam ratus lima puluh ribu rupiah ) per jam.

Alat Berat Sedang Bekerja di Jalan Produksi.(dokumen desa.id -foto : haryanto)

Dana yang digunakan untuk pembangun jalan produksi bersumber dari bantuan dana desa ditambah dengan dana swadaya masyarkat yang memiliki kebun. Kegiatan pembangunan jalan sudah berjalan selam tiga hari. Sistem pembayaran adalah dihitung jumlah jam kerja.

Dengan dibangunya jalan ekonomi ini diharapkan semakin lancar dalam mengeluarkan hasil pertanian. Harga hasil panen semakin meningkat karena transportasi mudah. Dengan demikian kesejahteraan petani akan meningkat.

(badar/tdw)

Facebook Comments
About Badar 401 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan