Padat karya tunai dana desa kampung tridarma wirajaya

Padat Karya Tunai Dana Desa Kampung Tridarma Wirajaya Pada Penimbunan Bangunan Podium Olah Raga. (dokumen desa.id - foto : Tatang)

tridarmawirajaya.desa.id | Surat Keputusan Bersama Empat Menteri (SKB) 4 Menteri, mengenai Padat Karya Tunai Dana Desa , kegiatan pembangunan dalam pelaksanaan anggaran dana desa yang bersumber dari APBN harus memenuhi HOK 30 %. Desa harus melaksanakan kegiatan padat karya murni agar dapat memenuhi aturan HOK 30 % dari bidan dua atau Kegiatan Pembangunan infrastruktur.

Dalam memenuhi peraturan SKB 4 Menteri mengenai Padat Karya Tunai dengan hok minimal 30 %, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung, Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung melaksanakan kegiatan padat karya tunai murni HOK dengan kegiatan Penimbunan Bangunan Podium Olah Raga yang berlokasi di Suku 01. Seperti yang kita tahu bersama bahwa program padat karya tunai dana desa merupakan program yang mengutamakan sumber daya lokal,tenaga kerja lokal,dan teknologi lokal desa.

Padat Karya Tunai Dana Desa Penimbunan Pondasi Podium Olah Raga. (dokumen desa.id – foto Tatang)

Artinya banyak sekali manfaat yang bisa di rasakan masyarakat jika program ini berjalan dengan baik. Diantaranya,Produksi dan nilai tambah,Perluasan kesempatan kerja sementara,Penciptaan upah/tambahan pendapatan,Perluasan mutu dan akses pelayanan dasar,Penurunan angka stunting,dan Terbukanya desa terisolir.

Kegiatan penimbunan pondasi podium oleh raga di anggarkan melalui dana desa tahap 2, 40 %. Kampung Tridarma Wirajaya telah mencairkan dana desa tahap 2, 40 % dan langsung melaksanakan kegiatan padat karya tunai dengan melibatkan tenaga kerja dari warga masyarakat di sekitar lokasi pembangunan dengan mengutamakan warga yang kurang mampu/miskin.

Kepala Kampung Tatang Hermansyah Dalam Padat Karya Tunai Pembangunan Podium.(dokumen desa.id – foto : Tatang)

Ikut serta mendampingi pembangunan, pendamping lokal desa yang merupakan merupakan kepanjangan tangan dari kementerian desa selalu ikut mengawasi pelaksanaan padat karya tunai tersebut, yang di dampingi oleh pelaksana kegiatan dan kepala kampung Tridarma Wirajaya.

Dengan pembangunan melalui padat karya tunai di Kampung Tridarma Wirajaya benar-benar mampu untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan bagi warga yang kurang mampu.Dan warga dapat merasakan manfaatnya. Disamping peningkatan mutu pembangunan.

(badar/tdw)

Facebook Comments
About Badar 405 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan