Linmas kampung tridarma wirajaya adakan pelatihan

Bribka Rudiyanto, Sedang Memberikan Pengarahan Dalam Latihan Linmas Kampung Tridarma Wwirajaya, (dokumen desa.id - foto : Tatang)

tridarmawirajaya.desa.id | Pengertian Satuan Perlindungan Masyarakat dapat ditemukan pada Peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, Dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum pada pasal 1 butir 1 yaitu : Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Peserta Pelatihan Linmas Kampung Tridarma Wirajaya.(dokumen desa.id – foto : Tatang)

Sebagai satuan perlindungan masyarakat linmas mempunyai tujuan, yaitu Mengumpulkan dan menganalisa data dan informasi satuan perlindungan masyarakat serta pengamanan swakarsa, Menyusun prosedur tetap, petunjuk teknis dan pelaksanaan satuan perlindungan masyarakat serta pengamanan swakarsa , Mengidentifikasi dan menyusun usulan sarana prasarana satuan perlindungan masyarakat dan pengamanan swakarsa, Menyusun kebutuhan satuan perlindungan masyarakat yang bertugas di TPS dan teknis pelaksanaan pembekalan pada pemilu , Menyiapkan satuan perlindungan masyarakat dalam rangka mendukung pengamanan penyelenggaraan pemilu,
Mengkoordinasikan dan bekerjasama dengan instansi terkait dalam pengembangan satuan perlindungan masyarakat.

Untuk meningkatkan ketrampilan dan ketahanan dalam melayani masyarakat, maka Pemerintahan Kampung Tridarma Wirajaya melakukan pelatihan linmas yang dilatih dan dibimbing langsung oleh Babinkantibmas Polri Bripka Rudyanto dan Babinsa Warto, Jum’at, 27/07/2018. Latihan dibagi dua bagian. Bagian pertama berupa penyampaian materi yang dilakukan di dalam Balai Kampung. Sedangkan latihan yang kedua dilaksnakandi halaman Balai Kampung, berupa materi baris-berbaris dan latihan mental.

Linmas Tridarma Wirajaya Sedang Mendengarkan Pengarahan dari Bribka Rudiyanto(dokumen desa.id – foto : Tatang)

Pelatihan linmas dilaksanan sesuai dengan amanat APBKam bidang kegiatan pemberdayaan masyarakat tahun anggaran 2018. “Pelatiahan ini dilaksanakan mengingat pentingnya linmas di tengah-tengah masyarakat, karena linmas merupakan salah satu ketahanan dalam pembangunan masyarkat kampung Tridarma Wirajaya” Sambut Kepala Kampung.

Dengan pelatihan yang dilaksanakan setiap tahun diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan kapasitas linmas dalam ketahanan kampung Tridarma Wirajaya. Keberadan linmas merupakan pelopor terhadap masyarakat dalam menjaga ketertiban dan ketahanan lingkungan. Selain itu linmas menjadi penghubung penyelesaian masalah yang timbul di dalam desa dengan instansi terkait, sehingga masyarkat mendapat perlindungan.

(badar/tdw)

Facebook Comments
About Badar 410 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan