Kepala kampung tridrama wirajaya lakukan peletakan batu pertama pada pembangunan smkn 1 banjar agung

Kepala Kampung Tatang Hermansyah Meletakan Batu Peratama pada Pembangunan SMK Negeri 1 Banjar Agung. (Dokumen desa.id - foto : Tatang)

tridarmawirajaya.desa.id | Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab” (Pasal 3 UU RI No 20/ 2003).

Mengacu pada pada isi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 pasal 3 mengenai tujuan pendidikan nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja di bidang tertentu.Pendidikan kejuruan adalah pendidikan yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat bekerja dalam bidang tertentu. Pengertian ini mengandung pesan bahwa setiap institusi yang menyelenggarakan pendidikan keJuruan harus berkomitmen menjadikan tamatannya mampu bekerja dalam bidang tertentu (Depdikbud, 1995).

Lokasi Pembangunan SMKN 1 Banjar Agung (dokumen.desa.id – foto : Tatang)

Tujuan dan isi pendidikan kejuruan senantiasa dibentuk oleh kebutuhan masyarakat yang berubah begitu pesat, sekaligus juga harus berperan aktif dalam ikut serta menentukan tingkat dan arah perubahan masyarakat dalam bidang kejuruannya tersebut.Pendidikan kejuruan berkembang sesuai dengan perkembangan tuntutan masyarakat, melalui dua institusi sosial. Pertama, institusi sosial yang berupa struktur pekerjaan dengan organisasi, pembagian peran atau tugas, dan perilaku yang berkaitan dengan pemilihan, perolehan dan pemantapan karir. Institusi sosial yang kedua, berupa pendidikan dengan fungsi gandanya sebagai media pelestarian budaya sekaligus sebagai media terjadinya perubahan sosial.

Sebagai wujud nyata dan turut andil dalam mempersiapkan peserta didik di sekolah kejuruan, maka di Kampung Tridarma Wirajaya dibangun Gedung Sekolah Baru (USB) SMKN 1 Banjar Agung, yang petelakan batu pertama dilakukan oleh Kepala Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang, Jum’at,27/07/2018. Turut hadir Babinkantibmas dari unsur TNI dan dari Polri, tokoh masyarakat, tokoh Agama dan tokoh Pemuda.

Kumpul Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Babinkantibmas setelah Peletakana Batu Pertama.(dokumen desa.id – foto : Tatang)

Pembangunan Gedung Unit Sekolah Baru SMK Negeri 1 Banjar Agung, rencanayan akan dibangun Dua Unit Ruang belajar terdiri dari enam ruang belajar. Satu unit ruang praktek, satu unit WC dan satu unit ruang perkantoran. Bangunan yang bersumber dari bantuan dana pusat anggaran tahun 2018. Dengan peletakan batu pertama, berarti pembanguanan USB tersebut sudah aktif dimulai. Dan sesuai dengan target harus selesai Okteber 2018.

(badar/tdw)

Facebook Comments
About Badar 401 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan