Puskesmas tulang bawang adakan sosialisasi imunisasi campak dan rubella lintas sektor

Foto Bersama Camat Banjar Agung dan Peserta Sosialisasi Campak dan Rubella di Pendopo Kantor Kecamatan Banjar Agung. (dokumen desa.id - foto : Arnan Jaya)

tridarmawirajaya.desa.id | Rabu, 18/07/2018. Lokakarya mini lintas sektoral 3 sebagai kegiatan managemen puskesmas yang dilaksanakan setiap tiga bulan sekali dengan tujuan untuk mengevaluasi peran lintas sektor terkait dalam pelaksanaan program yang ada di puskesmas Tulang Bawang 1. Lokakarya kali ini adalah mengkamapanyekan imunisasi Measles Rubella (MR) yaitu kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella anak usia 9 tahun sampai dengan <15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imuisasi sebelumnya.

Kegiatan dilaksanakan di Aula Kecamatan Banjar Agung, yang dihadiri oleh Uspika Banjar Agung, Bidan, kader Kesehatan, Kepala Kampung, Kepala Sekolah SD dan SMP se-Kecamatan Banjar Agung. Dijelaskan oleh Arnan Jaya, SKM Kepala Puskesmas Tulang Bawang 1. “Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru (pneumonia) , radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian. Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menular ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal Rubella Kongental yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, kutilan dan keterlambatan perkembangan
Tidak ada pengobatan untuk peyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit cacat dan rubella. Satu vaksin untiuk mencegah dua penyakit sekaligus.”

Peserta Sosialisasi Imunisasi Campak dan Rubella (dokumen desa.id – foto : badar)

Imunisasi MR diberikan untuk usia 9 bulan sampai dengan usia kurang dari 15 tahun selama kampanye Imunisasi MR bulan Agustus – September 2018. Untuk bulan Agustus imunisasi MR diberikan pada anak usia sekolah 7 tahun – <15 tahun bersekolah SMU atau sederajat. Bulan September diberikan untuk bayi usia 9 bulan – anak usia <7 tahun dilaksanakan di Posyandu, Puskesmas dan Sarana Pelayanan Kesehatan lainya, semuanya gratis.

Setelah selesai penyampain materi sosialisasi, Camat Banjar Agung, Sudirman, SH memimpin langsung musyawarah persiapan pelaksanaaan HUT RI ke-73 tahun 2018. Dari hasil musyawarah ditetapkan Panitia peringatan HUT RI ke-73 Kecamatan Banjar Agung. Ketua Dedy Miske, Wakil ketua Nuryanto, Sekretaris Makhoriza Hery Pratama, Wakil Sekretaris Hadi Santoso,bendahara Yani Maryani. Tempat pelaksanaan upacara HUT RI di lapangan Bola Kampung Tri Tunggal Jaya. Pelaksanaan Kegiatan Bumi Perkemahan Lapangan Bola Kampung Trimulya Jaya.

Camat Banjar Agung Memimpin Musyawarah Peringatan HUT RI ke-73 di Kecamatan Banjar Agung.(dokumen desa.id – foto : badar)

Diakhir musyawarah camat Banjar Agung menyampaikan kepada panitia yang telah terbentuk, bahwa pemantapan dan penyusunan jadwal kegiatan dilaksanakan pada tanggal 8/08/2018. Kegiatan tersebut berupa persiapan Upacara dan kegiatan lainya seperti penggalian dana.

Facebook Comments
About Badar 405 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan