Sideka Banjar Agung adakan silaturahmi

Dana Putra Yuda RTIK Kabupaten Tuang Bawang sedang Memberikan Bimbingan Kepada Admin dan Operator (dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id| Pengembangan system informasi desa dan kawasan tidak dapat dilihat sebagai langkah teknis dan administratif saja. Akses informasi harus diletakkan dalam kerangka yang lebih luas satu pintu yang membuka banyak kemungkinan bagi desa untuk mengambil bagian dalam mengurus urusan rumah tangganya, dan pada saat yang bersamaan menjadi langkah kontribusi desa dalam ikut menjadi bagian dari penyelesaian masalah-masalah bangsa. Oleh sebab itu pula, konsepsi system informasi desa, penting untuk dilihat tidak dalam kerangka dari atas ke bawah, tetapi juga dari bawah ke atas dan dinamika relasi tersebut. Pemerintah Daerah dalam hal ini punya kewajiban untuk mengembangkan system informasi desa, namun di sisi yang lain, desa dan para pihak yang mendorong pembangunan desa, juga memiliki kesempatan untuk memajukan suatu system, terutama agar informasi yang tersedia benar-benar informasi yang punya makna dalam gerak maju desa.

Menyadari hal tersebut Forum Sideka Kecamatan Banjar Agung berkumpul untuk saling bersilaturahmi. Silaturahmi berlangsung di balai Kampung Banjar Agung, Senin,09/07/2018. Hadir dalam acara semua admin se-Kecamatan Banjar Agung dan relawan TIK Kabupaten Tulang Bawang. Acara silaturahmi diisi dengan evaluasi kegiatan sideka dan rencana ke depan sideka di Kecamatan Banjar Agung.

Admin dan Operator Sideka Kecamatan Banjar Agung. (dokumen desa. id – foto : badar)

Keberadaan admin sideka di Kecamatan Banjar Agung membawa warna sendiri bagi pemerintahan kampung. Kebersamaan yang terjalin membuahkan ikatan yang tidak mudah dipisahkan. Komonikasi dan informasi saling melengkapi. Saling menerima dan memberi supaya pengelolaan administrasi di kampung berjalan dengan baik. Kehadiran Sideka bukan saja sebagai tata kelola dalam bidang keadministrasian kampung, tetapi juga dalam pemberitaan Kampung.

“Kebersamaan saling memberikan informasi dan saling melengkapi kekurangan sesama admin merupakan kunci dalam membangun kampung dalam bidang administrasi.” Sambut ketua Forum Jaini. “Inilah yang membuat kita masih tetap bertahan.” Lanjutnya. Sideka Kecamatan Banjar Agung merupakan sideka yang paling aktif di Kabupaten Tulang Bawang. Bukan saja belajar tentang sideka tetapi banyak materi yang dipelajarinya, seperti photoshoop dan coreldraw.

Admin Sideka Kecamatan Banjar Agung Sedang Berdiskusi.(dokumen desa.id -foto : badar)

Dengan sideka diharapkan adanya suatau kesadaran yang menempatkan informasi sebagai titik penting dalam keseluruhan pergerakan desa untuk membangun. Ketrampilan khususnya dalam menghimpun, mengolah, mengelola dan menggunakan informasi, termasuk penggunaan teknologi informasi.Dan kemampuan yang harus berkembang, sehingga system informasi desa, bukan menjadi hal yang bermakna bagi pihak luar, tetapi bermakna bagi desa dan warga desa sendiri.

(badar/tdw)

Facebook Comments
About Badar 401 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan