Daftar pemilih sementara pemilu kampung tridarma wirajaya sudah terpasang

Pemasangan DPS Pileg di Balai Kampung Tridarma Wirajaya. (dokumen desa.id - foto : badar).

tridarmawirajaya.desa.id | Pemilihan umum (Pemilu) adalah salah satu cara dalam sistem demokrasi untuk memilih wakil-wakil rakyat yang akan duduk di lembaga perwakilan rakyat, serta salah satu bentuk pemenuhan hak asasi warga negara di bidang politik. Pemilu dilaksanakan untuk mewujudkan kedaulatan rakyat. Sebab, rakyat tidak mungkin memerintah secara langsung. Karena itu, diperlukan cara untuk memilih wakil rakyat dalam memerintah suatu negara selama jangka waktu tertentu. Pemilu dilaksanakan dengan menganut asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Untuk melakukan pemilihan umum, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulang Bawang laksanakan Pengukuhan Panitia Pemungutan Suara (PPS ) se-Kabupaten Tulang Bawang untuk Pemilihan Umum 2019 bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Kabupaten Tulang Bawang.Kamis, 08/03/2018. Pengukuhan tersebut dilakukan langsung oleh REKA PUNNATA, SH Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulang Bawang. Dalam kegiatan tersebut turut hadir PPK se Kabupaten Tulang Bawang, Polres Tulang Bawang, Dandim 0426 Tulang Bawang, Panwaslu, Tokoh Agama dan semua Calon PPS se-Kabupaten Tulang Bawang yang akan di kukuhkan.

DPS Kampung Tridarma Wirajaya di tempel di Papan Pengumuman Balai Kampung. (dokumen desa.id – foto : badar).

Walaupun pelaksanaan pemilu akan dilaksankan pada bulan april 2019, tetapi berbagai kegiatan tahapan sudah mulai berlangsung. Daftar Mata Pilih Sementara (DPS) Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang sudah di plenokan. Sebagai tindak lanjut Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kampung Tridarma Wirajaya mengumumkan DPS melalui papan pengumumuan yang sudah di tempel di Balai Kampung.

Untuk mengikuti Pemilu tahun 2019 PPS Kampung Tridarma Wirajaya di bagi menjadi tujuh Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi pada hari pemilihan tidak terlalu lama, dikarenakan banyaknya kartu suara yang harus dicoblos. Dari DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR Pusat, DPD, Presiden dan Wakil Presiden.

Panwas Mengecek DPS yang sudah di tempel di papan pengumuman. (dokumen desa.id – foto : badar).

Jumlah mata pilih sementara untuk mengikuti pemilu, TPS 1, L= 108, P=112 Jumlah 220. TPS 2, L= 105, P= 112 Jumlah 217. TPS 3, L=122, P= 110 Jumlah 232.TPS 4 L= 92, P= 100 Jumlah 192. TPS 5, L = 106, P= 106 Jumlh 212. TPS 6 L=93, P= 100 Jumlah 193. TPS 7 L=120, P=110 Jumlah 230. Jumlah DPS Laki-laki= 746, Perempuan = 750, jumlah 1.496.

Pengawas Lapangan Foto didepan Bener (dokumen desa.id – foto : badar)

Selain pemantauan langsung oleh petugas pengawas lapangan, tentang Daftar Mata pemilh sementara. Peanwas juga memantau langsung pemasangan bener tentang tolak  politik uang. Disarankan oleh pengawas  lapangan dalam pemilihan gubernur lampung dan wakil lampung tahun 2018 bersih dari politik uang atau sejenisnya  yang mengakibatkan warga hanya sebagai alat politik sesaat.

(badr/tdw)

Facebook Comments
About Badar 401 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan