Shalat ‘id di masjid nurul jadid kampung tridarma wirajaya

Shalat 'Idul Fitri di Masjid Nurul Jadid Kampung Tridamma Wirajaya. (dokumen desa.id - Foto badar).

tridarmawirajaya.desa.id | Shalat idul fitri adalah salah satu shalat yang hanya dikejakan saat perayaan hari raya idul fitri. Shalat idul fitri berbeda dengan shalat sunnah lainnya seperti shalat dhuha, shalat tahajud shalat witir dan shalat wajib dalam hal cara melaksanakan. Shalat idul fitri dilaksanakan pada pagi hari saat hari raya idul fitri dan umat islam akan beramai-ramai mengunjungi mesjid atau lapangan untuk melaksanakan shalat idul fitri secara berjamaah. Biasanya dalam melaksanakan shalat, sampai di luar masjid karena jemaah terlalu ramai.

Mulai pukul 06.30WIB kaum muslimin dan Muslimat muali berdatangan ke Masjid nurul Jadid untuk menunikan ibadah sholat ‘Idul Fitri. Pelaksnaan shalat ‘Id pada tahun ini tidak ditempatkan di halaman masjid, dengan alasan mendung sehingga jamaah shalat di tempatkan di dalam Masjid.

Pelaksanaan Shalat ‘Idul Fitri di Dalam Masjid Nurul Jadid. (dokumen desa.id – foto : badar).

Pelaksanaan shalat ‘idul fitri di Masjid Nurul Jadid berlangsung lancar tidak ada halangan suatu apapun. Hal ini dikarenakan persiapan yang cukup baik dari pengurus Masjid. Persiapan yang dilaksanakan diantaranya pengaturan tempat shalat dan petugas shalat ‘Id. Untuk tahun ini yang bertugas sebagai imam H. Maksum dan Khotib Ahmad Khusaeri.

Selesai menjalankan shalat, jama’ah mendengarkan khutbah ‘idul fitri yang disampaikan¬† khotib . Khotib meyampaikan pesanya diantaranya, kita sebagai muslim harus bersyukur kehadirat alloh swt, karena kita masih diberi kesempatan untuk menunikan shalat ‘id. Sebulan penuh kita melaksanakan ibadah puasa danpada hari ini alloh mengharamkan untuk melalkukan puasa. Alloh memberikan kesempatan kepada kita untuk saling bermaaf-maafan.Ini adalah hari kemenangan bagi kaum muslimin dan muslimat agungkandengan takbir,tahmid dan tasbih.

Setelah Selesai Shalat ‘Id Jama’ah saling berjabat Tangan. (dokumen desa.id – foto : badar).

Selesai melaksnakan shalat dan khotbah selesai membacakan khutbahnya, jama’ah berdiri untuk bergantian berkeliling saling berjabat tangan. Diiringidengan lantunan sholawat nabi,sehingga suasana bertambah khidmat bahkan banyak jamaa’ah yang meneteskan air mata. Ini membuktikan bahwa hari raya ‘idul fitri adalah hari kemenangan hari kembali ke fitri.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan