Ziarah kubur di tpu kampung tridarma wirajaya

Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kampung Tridarma Wirajaya Dipenuhi Oleh Penziarah. (dokumen desa.id - foto : badar)>

tridarmawirajaya.desa.id | Salah satu aktivitas yang banyak dilakukan oleh umat islam terutama bagi warga nahdlatul ulama (NU) sebagai penganut paham ahlussunnah wal jamaah. Sebab selain terdapat hikmah pahala yang begitu banyak di dalamnya tetapi termasuk juga anjuran rosulalloh saw. Sehingga dengan begitu tidakheran jika banyak orang melakukanya, terutama sebelubulan puasa di penghujung bulan ramadhan dan di pagi hari raya idul fitri.

Diantara hikmah yang dapat diambil dari ziarah kubur yaitu mengingatkan manusia akan kehidupan akherat, bahwasanya mereka masih hiduppun suatu saat akan seperti itu di dan ini tidak dapat dipungkiri. Selain itu juga dapat meningkatan kezuhudan seseorang terhadap kehidupan duniawai. Dalam arti hidup di dunia hanya sesaat suatu nanti akan dihadapkan kehidupan yang kekal, yaitu akherat.dimana kehidupan semua manusia akan mempertangungjawabkan amal perbuatanya selama di dunia.

Suasana di Pemakaman Umum Kampung Tridarma Wirajaya. (dokumen desa.id – foto :badar).

Tradisi ziarah terdapat pula di tempat Pemakaman Umum (TPU) Kampung Tridarma Wirajaya yang sejak pagi hingga sore hari ramai dikunjungi oleh keluarga. Duduk disamping makam bersama keluarga dan membacakan do’a yang ditujukan kepada ahli kubur. Dengan harapan mudah-mudahan ahli kubur diampuni dosa-dosanya dan dijauhkan dari siksa kubur.

Selesai berdo’a yang ditujukan kepada ahli kubur baru menaburkan bunga di atas pusaran. Sebagai tanda bahwa keluarga yang ditinggalkan telah berziarh. Oleh karena itu disaat-saat seperti ini makam tampak kelihatan berwarna warni dengan taburan bunga yang beraneka ragam semerbak harum.

Keluarga penziarah duduk bersama di samping makam untuk memanjatkan do’a.(dokumen desa.id – foto : badar).

Ada rasa haru yang dirasakan oleh keluraga yang berziarah hal itu kelihatan dari mata yang sembab. Teringat masa-masa masih bersama di di masa hidupnya. Dan inilah yang maksudkan dengan ziarah kubur, bahwa mengingatkan akan kebesaran alloh. Bahwa yang masih hidup akan meninggakan dunia. Sehingga menambah akan keimanan dan rendah diri di hadapan alloh swt.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan