Persiapan hataman al-qur’an di malam 27 ramadhan

Ibu Jamilatun sedang Membimbing Anak-Anak Dalam Mempersiapkan Hataman Al-Qur'an. (dokumen desa.id - foto : badar).

tridarmawirajaya.desa.id | Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Dikenal juga oleh bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah dalam bulan ini umat muslim melakukan aktivitas seperti berpuasa, salat tarawih, peringatan turunnya Alquran, mencari malam Laylatul Qadar, serta memperbanyak membaca Alquran, membayar zakat fitrah dan diakhiri dengan merayakan Idul Fitri atau hari kemenangan.

Bulan Ramadhan dapat disebut sebagai Syahrut Tarbiyah atau Bulan Pendidikan. untuk menjaga kesehatan tubuh kita dengan makan secara teratur. Atau kita diajarkan agar dapat mengatur waktu Kapan waktu makan, kapan waktu bekerja, kapan waktu istirahat dan kapan waktu ibadah. Jadi, pendidikan itu berhubungan langsung dengan penataan kembali kehidupan kita di segala bidang. Namun ujian yang paling berat adalah berjihad melawan hawa nafsu sendiri. Karena itu bulan Ramadhan sering disebut sebagai Syahrul Jihad dengan fokus pada pengendalian hawa nafsu diri sendiri.

Anak-anak sedang Belajar Menghapal surat-surat Pendek. (dokumen desa.id – foto : badar).

Selain kegiatan di atas dalam bulan ramadhan banyak pula kegiatan yang dilakukan oleh umat islam dalam mencari pahala. Seperti halnya yang dilakukan oleh anak-anak dalam persiapan hataman al-qur’an yang akan dilakukan pada malam tangal 27 Ramadhan. Hataman Al-Qur’an ini dilakukan setelah tadarus alqur’an dianggap selesai.

Anak-anak menghapal Surat-surat pendek yang ada dalam al-qur’an. Surat pendek yang akan dibaca dalam acara tadarus nanti adalah surat wadduha sampai dengan surat annas. Masing-masing anak akan kebagian satu surat untuk dibaca secara bergantian. Oleh karena itu perlu persiapan dalam acara nanti. Acara ini dipandu langsung oleh ustadzah Jamilatun. Anak-anak yang belajar untuk acara hataman berasal dari dua bagian. Bagian pertama terdiri dari anak-anak Masjid Nurul Jadid, sedangkan yang satu lagi berasal dari Mushola Nurul Iman.

Selain anak-anak Putra, Anak putri juga sedang menghafal Surat-surt Pendek. (dokmen desa.id – foto : badar).

Harapan dari kegiatan ini untuk mendidik anak-anak cinta terhadap al-qur’an. Dan rupanya disambut gembira oleh anak-anak. Hal ini ditandai dengan bersemangatnya anak-anak. Waktu belajar sehabis sholat subuh di rumah ustadzah Jamilatun. Mudah-mudahan kegiatan ini tidak hanya di bulan ramadhan saja, tetapi akan berlangsung selain di bulan ramadhan. dengan tujuan menanamkan cinta membaca al-qur’an di usia dini.

(badar/tdw)

Facebook Comments
About Badar 405 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan