Kegiatan kelompok wanita tani mekar tani kampung tridarma wirajaya

Pemanfaatan Pekarangan Oleh Anggota KWT Mekar Tani Berupa Tanaman Sayuran dan Kolam lele. (dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Jum’at, 01/06/2018. Sesuai dengna Program Pemerintah melalui Menteri Pertanian Repulik Indonesia Nomor 62/Kptsn/RC.110/J/12/2017 tentang Petunjuk Teknis Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari. Melalui Badan Ketahanan Pangan Pusat Penganeragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, maka meluncurkan konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Hal itu dalam rangka mempercepat penganeragaman pangan dan memperkuat ketahanan pangan masyarakat.

Tujuan dari KRPL yaitu memberdayakan rumah tangga dan masyarakat dalam penyediaan sumber pangan dan gizi melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan dan lahan sekitar tempat tinggal. Kedua meningkatkan kesadaran, peran, dan partisapasi masyarakat dalam mewujudkan pola konsumsi pangan yang beragam,bergizi seimbang dan aman (B2SA).

Panen Perdana Kebun Demplot Milik KWT “Mekar Tani”

Untuk mewujudkan hal tersebut Kelompok Wanita Tani “Mekar Tani” Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang, telah membuktikan dengan kegiatan pembuatan rumah bibit, kebun demplot dan pengolahan hasil pertanian.
Rumah bibit dibangun seluas 20 meter persegi panjang. Dinding Gipsun dan waring seluas 84 meter persegi. Demplot seluas 400 Meter persegi dengan 9 jenis tanaman. Kacang panjang,gambas/oyong, Cesin, kangkung, daun bawang, terong, cabai,tomat dan serai.Selain kebun demplot ada juga kolam ikan lele seluas 12 meter persegi panjang.

Disamping pengolahan lahan demplot, KWT pertama kalinya mengadakan kegiatan pengolahan hasil pertanian dari bahan tepung singkong dan kacang tanah. Olahan hasil KWT Mekar Tani, yaitu tusuk gigi, roti kering dan kacang sembunyi . Pekerjaan itu dilakukan oleh semua anggota dan dibimbing oleh instuktur. Kegiatan ini merupakan pembelajaran bersama yang hasilnya akan dibagikan ke anggota dan dijual untuk kas kelompok.

Ibu-Ibu KWT Mekar Tani Sedang Membuat Aneka Kue.

Dengan adanya KWT Mekar Tani di Kampung Tridarma Wirajaya, sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh anggota. Mudah-mudahan ke depan akan lebih beragam dan inovai. Sesuai dengan tujuan awal kelompok tani yaitu pemenuhan pangan dan gizi, khususnya anggota kelompok dan umumnya warga Kampung Tridarma Wirajaya.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan