Kampung tridarma wirajaya telah mempersiapkan takbir keliling

Musyawarah Menyambut Hari Raya 'Idul Fitri Dipimpin Langsung Oleh Kepala Kampung Tridarma Wirajaya Tatang Hermansyah (kaos merah) . (dokumen desa.id - foto : riswanto).

tridarmawirajaya.desa.id | Banyak hal yang dilakukan di dalam bulan suci Ramadhan.Salah satunya adalah persiapan menyambut hari raya Idul fitri. Acara persiapan menyambut hari Raya “Idul Fitri ini dilakukan oleh Kepala Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, bersama Risma,Pengurus masjid dan Mushola Kampung Tridarma wiraja, Minggu,20/05/2018.bertempat di Balai Kampung.

Acara menyambut hari Raya ‘Idul Fitri merupakan acara rutin yang dilakukan disetiap tahun. Hasil keputusan musyawarah dalam mengisi malam takbir adalah mengadakan pawai keliling kampung. pesertanya semua moshola dan masjid di bawah usia 15 tahun. Star dari tempat masing-msing Masjid atau Mushola dan finis di lapangan bola antrida suku 01.

Kepala Kampung Tatang Hermansyah (kaos merah) Memimpin Langsung Persiapan Takbir Keliling. (dokumen desa.id – foto – Riswanto).

Setelah peserta sampai di lapangan akan diadakan lomba dengan kriteria penilain, kekompakan, keindahan suara pada waktu takbir, dan tema . Bagi pemenang dalam lomba akan diberikan hadiah berpa uang tunai. Untuk juara pertama diberikan uang tunai sebesar tiga ratus rupiah. Juara Kedua deberikan hadiah uang sebesar dua ratus ribu rupiah. Hadiah ketiga diberikan hadiah uang sebesar seratus ribu rupiah. Dan lima puluh ribu rupiah akan diberikan kepada peserta yang mengikuti acara pawai.

>Tujuan dari acara pawai dan takbir keliling agar masyarakat tidak bosan dengan takbiran yang biasanya dilakukan hanya di masjid-masjid atau di mushola-mushola saja. Dengan takbir keliling ini dapat mempererat tali persaudaraan dengan masyarakat satu sama lain terlebih lagi dengan masyarakat di luar daerah lainnya yan ikut berpartisipasi dan menciptakan kekompakan saat melaksanakan takbir keliling ini yang dapat diaplikasikan di kegiatan-kegiatan yang lainnya.

Peserta Musyawarah Dalam Takbir Keliling.(dokumendesa.id -foto : riswanto).

Seiring berjalannya waktu takbir keliling di Kampung Tridarma Wirajaya pun mengalami banyak perubahan yang di sesuaikan dengan perkembangan jaman. Pada mulanya, takbir keliling dilaksanakan oleh para warga dengan cara sederhana, para warga bertakbir keliling desa dengan hanya membawa obor. Semakin majunya jaman mengakibatkan pelaksanaan takbir kelilingpun kian meriah. Masyarakat menyertakan alat musik baik itu alat musik tradisional maupun alat musik modern ( gitar, bas, drum, seruling, piano, keyboard, bedug, kentongan, rebana, dll) bahkan juga menggunakan alat pengeras suara serta kendaraan bermotor ( motor, mobil).

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan