Anak-anak tpa al-istiqomah buka bersama

Anak-Anak TPA Al-Istiqomah Dalam Acara Buka Bersama . Dokumen desa.id - foto : badar).

tridarmawirajaya.desa.id | Menjelang hari ke-lima bulan Ramadhan, anak-anak TPA Al-Istiqomah beserta Ustadz dan ustadzah melakukan buka bersama. Buka bersama bertempat di teras dan sebagian di halaman. Buka bersama yang dilaksankan oleh TPA Al-Istiqomah digagas pertama kalinya oleh Royan Ali selaku pengasuh TPA. Buka bersama yang dilakukan oleh anak-anak ini bertujuan untuk saling mengenal lebih dekat kepada kawan dan dapat berbagi. Lebih dari itu bahwa buka bersama mempunyai makna yang lebih penting, yaitu mempererat silaturahmi.

Sebelum acara dimulai anak-anak duduk di kursi yang disediakan oleh ustadz, selebihnya duduk diteras TPA. Dengan menungu waktu berbuka tiba, anak-anak mendengarkan tausiah dari ustadz dan ustadzah. Tausiah tersebut mengajak anak-anak untuk meningkatkan ibadah di bulan puasa, karena di bulan ini adalah bulan yang penuh keberkahan.

Anak-anak TPA AL-Istiqimah dalam buka Bersama Tampak Ceria. (dokumen desa.id – foto : badar).

Anak-anak mendengarkan tausiyah yang disampaikan oleh ustadzah Jamilatun dengan sesekali melihat jam dan makanan yang dibawanya. Bekal buka puasa membawa sendiri berupa jajanan dan minuman,karena TPA tidak menyediakan. Walaupun makanan dan minuman membawa sendiri, tetapi anak-anak tetap semangat dan bergembira. Tidak kelihatan rasa lelah sedikitpun.

Tibalah waktu yang ditungu-tungu, bedug berbunyi sebagai tanda telah tiba waktu berbuka puasa. Dengan spontan anak-anak bersorak bersama, dengan keceriaan dan kebahagiaan yang tergambar di wajah polosnya. Diawali dengan bacaan basmalah dan do’a berbuka puasa, mulailah minum dan makan bekal yang ia bawa. Suara yang bergemuruh menandakan bahwa puasa hari ini tuntas.

Ustadzah dan anak-anak dalam acara buka bersama duduk di teras dan di halaman TPA.(dokumen desa.id – foto : badar).

“Saya adakan kegiatan ini untuk melatih anak-anak dalam kebersamaan, merasa senasib bahwa kita sama. Tidak ada yang berbeda, saling berbagi makanan, bercengkerama dan saling tertawa.” Sambut Royan Ali. “Dan inilah kebersamaan dan kebahagiaan yang tidak ternilai. Semua ini berkah dari bulan suci Ramadhan.” Lanjutnya.

Melihat anak-anak makan bersama-sama menambah kebahagiaan tersendiri. Sebab selain makan bekal yang dibawa sendiri, mereka juga saling bertukar makanan dengan teman-teman. Inilah nilai kebersamaan yang jarang diperoleh dalam kegiatan lainya. Disamping mempererat tali silaturahmi, juga mempererat kebersamaan. Mudah-mudahan acara seperti ini dapat berlangsung di acara-acara lainya.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan