Kelompok wanita tani (KWT) kampung tridarma wirajaya

Rumah Bibit Milik KWT Mekar Tani Kampung Tridarma Wirajaya.(dokumen desa.id - foto : badar).

tridarmawirajaya.desa.id | Jum’at, 18/05/2018. Keberdadan Kelompok Wanita Tani “Mekar Tani” Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung,membawa harapan baru bagi pertanian di Kampung Tridarma Wirajaya. Walaupun keberdaanya belum lama, tetapi sudah mulai membuktikan bahwa KWT Mekar Tani mampu membudidayakan tanaman sayur-sayuran.

Memanfaatkan lahan seluas 400 Meter bujur sangkar sebagai demplot, KWT Mekar Tani menanam berbagai sayuran. Sayuran yang ditanam adalah kangkung, gambas, bayam cabut, kacang panjang dan cabai. Semua dilakukan guna memenuhi kebutuhan penyediaan sumber pangan yang beragam dan gizi keluarga. Tanaman sayuran kacang panjang dan gambas yang sudah dinikmati oleh kelompok. Kangkung dan Bayam cabut sudah mulai tumbuh.

Untuk bibit cabe baru mulai ditanam. Penanaman ini dilakukan oleh anggota KWT Mekar Tani. Bibit berasal dari rumah bibit hasil penyemaian sendiri. Disamping ditanan di kebun demplot, bibit cabai dibagikan kepada anggota masing-masing lima belas pot untuk ditanam di pekarangan masing-masing anggota. Hal ini bertujuan supaya anggota dalam mengkonsumsi cabe cukup dari pekarangan sendiri.

Ibu-Ibu KWT Mekar Tani Sedang Menanam Cabe di Kebun Demplot. (dokumen desa.id -foto : badar).

Kelompok Wanita Tani ( KWT ) Mekar Tani bertekad untuk menggiatkan anggotanya untuk menanam sayuran dengan memanfaatkan pekarangan rumah. Selain untuk konsumsi sendiri diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan sayuran masyarakat kampung Tridarma Wirajaya. Yang pada akhirnya dapat meningkatkan sumber pendapatan keluarga.

Selain dari sayur-sayuran yang beraneka ragam Kelompok Wanita Tani “Mekar Tani” mebuat kolam ikan yang ditebari dengan benih ikan lele. Sebab disamping kebutuhan sayuran perlu peningkatan gizi anggota dan keluarga. Kolam ikan yang dimiliki oleh kelompok berukuran 2 meter X 4 Meter, luas 8 Meter persegi panjang. Disamping kelompok anggota juga memiliki kolam. Kolam yang dimiliki oleh anggota kelompok berukuran 2 meter X 3 Meter, luas 6 meter persegi. Untuk benih berasal dari kelompok.

Kolam ikan Milik KWT Mekar Tani. (dokumendeswa.id – foto : badar).

Kegiatan yang dilakukan oleh KWT Mekar Tani belum terlalu banyak dan belum maksimal hasilnya, tetapi untuk kedepan bahwa KWT Mekar tani merupakan pelopor bagi ibu- ibu untuk berbudidaya sayuran. Pemanfaatan pekarangan yang pada saat ini masih belum digunakan oleh ib-ibu lainya. Selain menyediakan bibit untuk kebutuhan anggota, KWT Mekar tani menyediakan bibit sayur-sayuran untuk warga yang memerlukan.

Diharapkan dari kegiatan kelompok tani, difokuskan kepada pengolahan budidaya tanaman pangan sumber karbohidrat,protein, vitamin dan mineral , pengelolaan panen dan pasca panen. Selain itu penataan tanaman dalam pemanfaatan pekarangan, sehingga tanaman menjadi tertata rapih dan indah.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan