Jama’ah masjid nurul jadid lakukan do’a bersama menyambut bulan suci ramadhan

Suasana di Waktu Doa'a Bersama (Punggahan) di Msjid Nurul Jadid Kampung Tridarma Wirajaya. Dalam Rangka Menyambut Bulan Ramadhan(dokumen desa.id - foto : badar).

tridarmawirajaya.desa.id | Bulan suci Ramadhan merupakan bulan kesembilan pada penanggalan Hijriah. Bulan Ramadhan juga menjadi bulan yang paling dirindukan oleh umat muslim dan banyak yang menyebutnya sebagai bulan seribu bulan. Dan tahukah Anda, khusus di bulan Ramadhan amal kebaikan umat muslim akan dibalas dengan berkah pahala yang berlipat ganda? Bahkan bila kita menjalani puasa dengan sempurna, ketika hari lebaran datang, kita akan bersih dari dosa seperti seorang bayi yang baru lahir kembali. Selain hal tersebut, ada beberapa hal lain yang perlu Anda ketahui mengapa bulan Ramadhan menjadi bulan yang begitu istimewa bagi umat muslim.

Oleh karena itu, untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan bagi iumat islam, dapat dilakukan berbagai cara, salah satunya kegiatan yang dilakukan jama’ah masjid Nurul Jadid yang terletak di suku 04 Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung. Kegiatan untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan dilakukan dengan memanjatkan do’a bersama-sama yang ditujukan kepada kedua orang tua, guru, tua-tua kampung dan anggota keluarga yang telah meninggal. Ini sudah tradisi yang dilakukan menjelang satu hari atau malam akan melakukan puasa ramadhan.

Jama’ah Masjid Nurul Jadid sedang Melaksanakan Do’a Bersama. (dokumen desa.id – foto : badar).

Kegiatan yang diimami oleh H. Maksum dimulai dengan tausiah dengan materi keutamaan bagi umat islam yang melakukan ibdah puasa. Wajib hukumnya bagi umat islam untuk menunaikan ibadah puasa, karena termasuk rukun islam yang ke-empat. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan tahlil dan dtutup dengan do’a. Dan termasuk dalam keutamaan bulan yang penuh berkah ini adalah dilipatgandakannya amal kebaikan di dalamnya. Diriwayatkan bahwa amalan sunnah di bulan Ramadhan memiliki pahala yang sama dengan amal wajib. Satu amal wajib yang dikerjakan di bulan ini setara dengan 70 amal wajib. Barangsiapa yang memberi buka puasa untuk seorang yang berpuasa, maka diampuni dosanya dan dibebaskan dari api neraka, dan baginya pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala oarang yang berpuasa tersebut sedikit pun.

Sebagi ciri khas dari kegiatan ini adalah jama’ah membawa kue atau makanan berupa nasi. Jajanan atau nasi dimakan bersama-sama di teras masjid. Berbaur dari anak-anak hingga orang dewasa, kecuali bagi ibu-ibu menempati tempat yang terpisah. Suasan pedesaan yang akrab dan kekluargan masih tetap terjaga.

Makan Bersama Setelah Selesai Acara Bertempat di Teras Masjid.( dokumen desa.id – foto : badar).

Harapan terakhir dari kegiatan ini adalah semoga selalu diberikan kesehatan, sehingga dapat melaksanakan rukun islam yang ke-empat di bulan yang penuh berkah dan pengampunan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia. Karena di bulan ini pertama kali kitab suci umat Islam Al-Qur’an diturunkan, dan dapat bertemu bulan ramadhan di tahun berikutnya.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan