Posyandu ibu-ibu hamil kampung tridarma wirajaya

Kegiatan Posyandu Bumil Kampung Tridarma Wirajaya Bulan Mei 2018 di Gedung Posyandu Dahlia. (dokumen desa.id - foto : badar).

tridarmawirajaya.desa.id | Pos pelayanan terpadu (Posyandu) ibu-ibu hamil (bumil), Kampung Tridarma Wirajaya untuk bulan Mei, dilaksanakan hari Senin, 14/05/2018 di Gedung Posyandu Dahlia.Peserta Posyandu bumil berasal dari Kampung Tridarma Wirajaya. Hadir dalam acara posyandu bumil, bidan desa Hernawati, Hb. S.Keb. dan juru tulis Kampung ( badarudin).

Posyandu Bumil bulan ini masih tetap sama dengan bulan yang lalu. Perbedaanya untuk bulan ini tidak melakukan senam, karena waktunya sudah terlalu siang. Kegiatan bulan ini berupa pengarahan dan shering dari bidan Hernawati, di samping saran dan arahan dari Bapak Badarudin. Diberikan juga tambahan sayur-sayuran dan lauk pauk untk tambahan gizi bagi ibu hamil.

Ibu-ibu hamil disaat Mendengarkan pesan dan pengarahan dari Ibu Hernawati, HB tentang Kehamilan. (dokumen desa.id – foto : badar).

Ada beberapa materi yang disarankan oleh ibu Hernawati kepada ibu-ibu hamil, diantaranya, pertumbuhan janin pada bayi. Pada masa pertumbuhan janin dalam rahim ibu pada kehamilan 3 bulan, 5 bulan, 7 bulan dan 9 bulan. Dalam fase ini yang perlu diingat dan dilakukan adalah pemberian makanan dengan asupan gizi yang cukup pada trimester pertama agar berat badan ibu tidak turun. Penambahan berat badan selama kehamilan antara 9 – 12 kilogram. Sebagaian ibu hamil muncul garsi-garis putih karena peregangan kulit dan payudara membesar dengan cepat, warna lebih gelap pada puting susu dan sekitarnya. Memijat payudara ibu hamil muda tidak boleh dilakukan, karena dapat merangsang kelenjar di otak kecil yang memproduksi hormon yang dapat mempengaruhi kontraksi rahim, berbahaya karena dapat terjadi keguguran.

Ibu Hernawati dan Badarudin Dalam Posyandu Bumil. (dokumen desa.id -foto : badar).

Disampaikan juga oleh Bapak Badarudin, terutama bagi ibu-ibu hamil pemula. Jangan percaya kepada mitos yang akhirnya berakibat tidak baik bagi ibu dan anak, jika telah melahirkan. Mitos tersebut seperti perlakuan kepada bayi jika telah lahir tidak boleh dibawa keluar sebelum empat puluh hari. Untuk ini bayi justru di bawa keluar untuk berjemur di pagi hari supaya mendapatkan senar matahari. Ada juga ibu-ibu hamil tidak boleh duduk di pintu masuk rumah. Nah kalau yang ini tetap kita setujui, karena pintu tempat orang masuk dan keluar di rumah, maka lebih baik duduk ditempat lain.

Posyandu bumil yang dilaksanakan setiap bulan, diharapkan dapat diikuti oleh semua ibu hamil yang tinggal di Kampung Tridarma Wirajaya. Sebab dengan mengikuti posyandu bumil setiap bulan dapat menambah pengetahuan yang dapat dipraktekan. mulaidari keamilan, kelahiran dan pasca kelahiran. Tujuannya untuk menekan kematian bayi.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan