Forum sideka Kecamatan Banjar Agung adakan pelatihan desain grafis

Kasi PMD Kecamatan Banjar Agung Dedy Miske, SKM Sedang Memberikan Sambutan Sekaligus Membuka Pelatihan.(dokumen desa.id - foto : Suroto)

tridarmawirajaya.desa.id | Program Sistem Informasi Desa dan Kawasan ( SiDeKA ) bisa menjawab atas persoalan utama desa, UU No 6 tahun 2014 memberikan ruang, sebagaimana pada Bagian Ketiga Tentang Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan. Pasal 86 (1) Desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi Desa yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. (2) Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib mengembangkan sistem informasi Desa dan pembangunan Kawasan Perdesaan. (3) Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, serta sumber daya manusia. (4) Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi data Desa, data Pembangunan Desa, Kawasan Perdesaan, serta informasi lain yang berkaitan dengan Pembangunan Desa dan pembangunan Kawasan Perdesaan. (5) Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dikelola oleh Pemerintah Desa dan dapat diakses oleh masyarakat Desa dan semua pemangku kepentingan. (6) Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota menyediakan informasi perencanaan pembangunan Kabupaten/Kota untuk Desa.

Peserta Pelatihan Sideka Desain Praktis Website Desa .(dokumen desa.id – foto : Suroto)

Program Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SiDeKA) dapat mendorong prakarsa/gagasan/ide desa dengan memperkuat akses informasi desa, antar desa, maupun kawasan perdesaan, sebagai bentuk inter-koneksitas dalam pengelolaan sumber daya yang saling membutuhkan sebagai modal membangun kawasan strategis pertumbuhan ekonomi untuk membangun kesejahteraan desa. Untuk mengembangan ekonomi diperdesaan, harus dipastikan terjadinya peningkatan basis dukungan modal, akses produksi, akses distribusi, dan akses pasar bagi rakyat, sehingga menciptakan pertumbuhan baru ekonomi di desa-desa (kompasiana)

Dalam upaya meningkatkan wawasan dan mutu kreatifitas admind sideka Kecamatan Banjar Agung, perlu adanya terobosan baru terutama dalam bidang informatika dan komonikasi yang berkesinambungan dengan cara mengadakan pelatihan. Pelatihan berlangsung di Aula Balai Kampung Banjar Agung, Sabtu, 12/05/2018 yang diikuti oleh 25 peserta , 20 peserta berasal dari sepuluh Kampung satu orang dari Kecamatan Banjar Margo dan dua orang dari Tulang Bawang Barat. Pelatihan di buka oleh Bapak Dedy Miske, SKM Kasi PMD Kecamatan Banjar Agung

Peserta Pelatihan Sedang Menyanyikan Lagu Indonesia Raya.(dokumen desa.id – foto : suroto).

Pelatihan yang diselnggarakan oleh forum SiDeKa Kecamatan Banjar Agung bertema Desain praktis dengan dua materi, materi pertama adalah photoshop dan coreldraw. Pelatihan pada hari ini merupakan lanjutan dari latihan sebelumnya, yaitu photo editing. Latihan ini dimaksudkan agar admin website desa mengerti dan mampu meningkatkan mutu dalam pengelola website desa.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, agar Kecamatan Banjar Agung khusunya dan Kabupaten Tulang Bawang selalu aktif dalam pengelolaan sideka. Dan saya berterimakasih kepada forum sidika Kecamatan Banjar Agung yang telah menyelenggarakn pelatihan ini. Dengan harapan mudah-mudahan Kecamatan Banjar Agung menjadi pelopor dan terdepan di Kancah Nasional dalam pengelolaan website desa.” Sambut Dedy Miske, SKM dalam sambutanya yang sekaligus membuka acara pelatihan.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan