Kegiatan posyandu balita bulan mei 2018 kampung tridarma wirajaya

; Kegiatan Posyandu Balita Kampung Tridarma Wirajaya, Bulan Mei 2018. (dokumen desa.id - foto : Badar).

tridarmawirajaya.desa.id | Posyandu merupakan perpanjangan tangan Puskesmas yang memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu. Kegiatan posyandu dilakukan oleh dan untuk masyarakat. Posyandu sebagai wadah peran serta masyarakat, yang menyelenggarakan sistem pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar, peningkatan kualitas manusia, secara empirik telah dapat memeratakan pelayanan bidang kesehatan. Kegiatan tersebut meliputi pelayanan imunisasi, pendidikan gizi masyarakat serta pelayanan kesehatan ibu dan anak. Posyandu (pos pelayanan terpadu) adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh, dari, dan untuk masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pada umumnya serta kesehatan ibu dan anak pada khususnya.

Posyandu merupakan bagian dari pembangunan untuk mencapai keluarga kecil bahagia dan sejahtera, dilaksanakan oleh keluarga bersama dengan masyarakat di bawah bimbingan petugas kesehatan dari puskesmas setempat. Sasaran utama kegiatan posyandu ini adalah balita dan orangtuanya, ibu hamil, ibu menyusui dan bayinya, serta wanita usia subur. Sedangkan yang bertindak sebagai pelaksana posyandu adalah kader.

Dalam rangka meingkatkan kesehatan warga Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang. Pemerintahan Kampung Tridarma Wirajaya bekerja sama dengan Puskesmas Tulang Bawang 1, Jum’at , 11/05/2018, telah mengadakan pos pelayanan terpadu (Posyandu) bagi anak di bawah lima tahun (Balita). Kegiatan ini dimasudkan agar dapat menurunkan angka kematian bayi khususnya di Kampung Tridarma Wirajaya. Dengan bayi yang sehat, mudah-mudahan akan tumbuh generasi penerus yang sehat.

Kegiatan Posyandu Ballita Meja 1, Pendaftaran (dokumen desa.id – foto | badar).

:

Pelayanan ini dimulai dari pukul 10.15 WIB dipimpin langsung oleh tim kesehatan dari Puskesmas Tulang Bawang 1 dan dibantu oleh bidan desa Tridarma Wirajaya Hernawati, HB. Sebelum acara dimulai disampikan beberapa pesan dari Hernawati tentang maksud dan tujuan dari posyandu Balita . Posyandu adalah pusat kegiatan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan dan keluarga berencana. Posyandu adalah pusat pelayanan keluarga berencana dan kesehatan yang dikelola dan diselenggarakan untuk dan oleh masyarakat dengan dukungan teknis dari petugas kesehatan dalam rangka pencapaian NKKBS atau Posyandu adalah suatu forum komunikasi, alih tehnologi dan pelayanan kesehatan masyarakat yang mempunyai nilai strategis untuk pengembangan sumber daya manusia sejak dini. Posyandu juga merupakan tempat kegiatan terpadu antara program Keluarga Berencana – Kesehatan di tingkat desa. Selain itu Posyandu sebagai pusat pelayanan keluarga berencana dan kesehatan yang dikelola dan diselenggarakan untuk dan oleh masyarakat dengan dukungan teknis dari petugas kesehatan dalam rangka pencapaian Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera (NKKBS).

Dilanjutkan pula tujuan pembentukan posyandu balita pertama menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu (ibu hamil), melahirkan dan nifas.kedua Membudayakan NKBS, Meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera.Berfungsi sebagai wahana gerakan reproduksi keluarga sejahtera, gerakan ketahanan keluarga dan gerakan ekonomi keluarga sejahtera.

Petugas di Meja 2 Posyandu Balita (dokumen desa.id – foto : badar).

Dengan kegiatan rutin posyandu balita ini, diharapkan kesehatan balita bisa terpantau, dan mendapatkan imunisasi yang sangat berguna sebagai kekebalan bagi bayi terhadap berbagai penyakit. Sehingga diharapkan akan dapat menurunkan angka kematian bayi khususnya di Kampung Tridarma Wirajaya. Dengan bayi yang sehat, mudah-mudahan akan tumbuh generasi penerus yang sehat.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan