Pondok pesantren manba’ul ‘ulum adakan musyawarah persiapan pengajian haflah akhirusssanah

Musyawarah Dalam Rangka Persiapan Haflah Akhirussanah Pondok Pesantren Manba'ul 'Ulum. (doumen desa.id - foto - badar).

tridrmawirajaya.desa.id | Istilah “Haflah akhirussanah” tentunya tak asing lagi bagi umat Islam Indonesia, lebih-lebih kalangan pesantren. Istilah yang diadopsi dari bahasa Arab ini, nampaknya tidak hanya populer dimasyarakat, namun sudah sampai mengakar rumput seperti halnya bahasa sendiri. Penggunaan arti perayaan atau pesta di sini, didasarkan pada kebiasaan yang dilakukan oleh institusi pendidikan Islam yang tidak hanya sekedar perkumpulan, melakukan pertemuan atau upacara. Namun juga melaksanakan kegiatan yang bersifat hiburan. Keberadaan kegiatan yang bersifat hiburan ini dimungkinkan, karena kegiatan Haflah Akhirussanah dilaksanakan setelah imtihan (ujian). Jadi hiburan tersebut ditujukan untuk membuat suasana yang santai setelah melaksanakan imtihan.

Pondok Pesanren Manb’ul “ulum yang beralamatkan di Jalan Poros Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, mengadakan musyawarah persiapan haflah akhirussanah. Musyawarah dihadiri oleh aparatur Kampung Trdirma Wirajaya, Tokoh Mayarakat, tokoh agama dan tamu undangan. Rapat bertempat di rumah Ky. Abdullah Nawawi selaku pengasuh Pondok Pesantren Manba’ul ‘Ulum.

Ky. Abdullah Nawawi. (kopiah putih) Dalam Musyawarah Persiapan Pengajian.(dokumen desa.id – foto : badar)

“Ucapan terimakasih disampaikan kepada bapak dan Bapak-bapak dan ibu-ibu yang telah berkenan hadir dalam musyawarah ini. Sengaja kami memohon kehadiran Bapak dan Ibu, berkaiatan dengan Pondok Pesantren Manb’ul “ulum akan mengadakan haflah akhirussanah. Pelaksanaan tersebut akan diselenggarakan hari Kamis, 10/05/2018. Kegiatan dimaksud tanpa bantuan dari Bapak dan Ibu tidak akan terlaksana.” Demikian Sambutan dari Ky. Abullah Nawawi, S.Pd.I selaku Pengasuh Podok Pesantren Manba’ul ‘Ulum.

Dalam musyawarah yang dipimpin oleh Sdr. Badar menghasilkan beberapa keputusan diantaranya, tempat pelaksnaaan di halaman MTs. Manba’ul “ulum, Penceramah Ustadz Solmed dari Jakarta, Pelaksaan pagi hari, Kamis 10/05/2018. Selain itu membahas secara teknis yang disampaikan kepada pemuda untuk lokasi dan pengaturan parkir sepeda motor dan Mobil. Pemasangan umbul-umbul. dan penataan tempat duduk serta panggung.

Tamu Undangan Dalam Musyawarah Persiapan Pengajian. (dokumen desa.id – foto : badar).

Disampaikan oleh Sumanto ketua pemuda, sebagai koordinator parkir. Lokasi parkir di tempatkan di lapangan bola Tobong Fc. Kecuali tamu-tamu khusus di tempatkan di halaman Pondok Pesantren. Tekhniknya setiap kendaraan roda dua atau roda empat diberikan satu kupon dipegang oleh pemilik kendaraan, sedangkan yang satu dipegang oleh panitia. Supaya pengunjung tidak berdesak-desakan dengan kendaraan, kendaraan yang datang dari arah barat, penumpang diturunkan terlebih dahulu, kemudian kendaraan terus menuju ke lokasi parkir. Hal ini dilakukan karena tempat parkir berada di belakang lokasi pengajian. Musyawarah berjalan lancar, dan diakiri dengan do’a bersama dengan harapan dalam pelaksanaan tidak ada halangan. Sehingga harapan dari wali santri dan semua panitia dapat terwujud.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan