Hari pertama petugas pendataan potensi desa (podes) datangi kampung tridarma wirajaya

Petugas Pendata Potensi Desa (podes) Suroto (topi)sedang Meminta Informasi Kepada Nara Sumber. di Kantor Kampung Tridarma Wirajaya. (dokumen desa.id - foto : badar).

ttridarmawirajaya.desa.id | Petugas Pendataan Potensi Desa (Podes) sudah mengawali tugasnya di Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang Rabu, 02/05/2018. Petugas pendataaan podesa, Suroto didampingi oleh Bapak Sugiarto dari BPS Kabupaten Tulang Bawang sudah hadir di Kantor Kampung Tridarma Wirajaya menemui Kepala Kampung Tatang Hermansyah dan sekaligus menjelaskan kegiatan podes. Dasar dari pendataaan ini adalah Undang-Undang nomor 16 Tahun 1997 tentang statistik dan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

Disampaikan oleh Bapak Sugiarto, BPS Kabupaten Tulang Bawang, “Tujuan dari pendataan potensi desa ini adalah untuk menghasilkan data potensi desa/kelurahan bidang sosial, ekonomi, sarana dan prasarana daerah. Sebagai bahan penyusunan statistik wilayah kecil. Penyusunan berbagai analisis dan kebijakan terkait kewilayahan. Perhitungan indikator-indikator pembangunan/kemajuan desa, Indek Pembangunan Desa (IPD) dan indeks Kesulitan Geografis (IKG).”
“Secara khusus pendataan ini memberikan informasi dasar variabel dalam SP 2020. Sarana updeting Master File Desa (MFD).
Penentuan pemutakhiran klassifikasi/tripologi desa.Sebagai sumber data pemutakhiran peta wilayah kerja statistik.” Lanjutnya.

Petugas dari BPS Kabupaten Tulang Bawang Sedang Memberikan Penjelasan Tentang Podes di Ruangan Kantor Kampung. (dokumen desa.id – foto : badar).

Selesai penyampaian penjelasan dari Bapak Sugiarto, diteruskan pengisian koesioner oleh petugas pendata, yaitu Suroto. Ada beberapa informasi yang diperlukan oleh suroto, diantaranya kependudukan dan ketenagakerjaan. Perumahan dan Lingkungan Hidup. Bencana alam,Pendidikan dan Kesehatan. Sosial Budaya, Olahraga dan Hiburan. Angkutan, Komonikasi dan Informasi. Penggunaan lahan. Ekonomi dan Keamanan. Keuangan dan Aset Desa. Penggunaan Dana Desa. Pemebangunan dan Pemberayan Masyarakat desa.

Dalam kesempatan yang sama Suroto menyampaikan bahwa pendataan potense desa merupakan pendataan terhadap ketersediaan infrastruktur dan potensi yang dimiliki oleh setiap wilayah administrasi setingkat desa, Kecamatan dan Kabupaten di seluruh Indonesia. Sehingga desa dapat memberikan informasi yang tepat dan akurat sebagai variabel dalam sensus penduduk tahun 2020.

Bapak Sugiarto foto bersama dengan Nara Sumber. (dokumen desa.id – foto : badar).

Dengan adanya pendataan potensi desa (podes) yang dilakukan oleh BPS Kabupaten Tulang Bawang, maka diharapkan Kampung dapat memberikan semua informasi yang diminta oleh petugas. Sehingga Kampung dapat memiliki data yang akurat. Dengan data yang akurat, yang terangkum dalam satu buku podes memudahkan Kampung untuk memberkan informasi kepada dinas terkait.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan