TPA al-istiqomah kampung tridarma wirajaya menyabet 9 tropy dalam lomba tingkat kecamatan

Melia Trihapsari (kanan) Juara tiga Qiro'ah Putri dari TPA Al-Istiqomah Kampung Tridarma Wirajaya. (dokumen desa.id - foto : badar).

tridarmawirajaya.desa.id | Dalam rangka meningkatkan prestasi pada anak-anak dalam bidang keagamaan, banyak cara yang dilakukan oleh pengelola TPA/TPQ se-Kecamatan Banjar Agung yang tergabung dalam wadah Forum Komunikasi Taman Pendidikan Al-Qur’an Jamiyatussolihin, khusunya TPA Al-Istiqomah Kampung Tidarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung. TPA Al-Istiqomah mengikut sertakan anak-anak asuhnya untuk lomba. Hal ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan prestasi dan mental anak. Disamping mengukur kemampuan anak juga membentuk karateristik islami.

Lomba yang dilaksanakan oleh Kampung Tritunggal Jaya dalam rangka akhirussanah Pondok pesantrem Sunan Kalijogo diikuti oleh delapan Kapumpung. Kampung Tridarma Wirajaya, Kampung Trimukti Jaya, Kampung Moris Jaya, Kampung Tritungal Jaya,Kampung Banjar Dewa, Kampung Banjar Agung, Kampung Tunggal warga dan Kampung Warga Makmur Jaya. Lomba dimulai pukul 11.00 yang terbagi menjadi beberapa ruang. Setiap ruang dipergunkan untuk dua cabang bidang yang dilombakan.

Alfiyansyah Juara dua cabang Qiroah Putra (dokumen desa.id – foto : badar)

Materi yang dilombakan yaitu, Murotal dan Kaligrafi, Pidato TPA dan Remaja, Hafalan surat Pendek dan Adzan, Qiro’at TPA dan Remaja, Prktik Sholat dan Qiroatul Kutub. Masih ada dua cabang lomba khusus buat ibu-ibu, yaitu Lomba memandikan mayit dan Lomba Qosidah. Dari semua materi yang dilombakan Kontingen dari TPA Al-Istiqomah menyabet sembilan tropy termasuk tropy cabang qosidah ibu-ibu.

Sembilan cabang yang diperoleh itu adalah hafalan surat pendek diraih oleh Faiz juara dua, lomba mewarnai putra juara dua diraih oleh Habib, Lomba mewarnai putri diraih oleh Silvi juara dua, Qiroat putra diraih oleh Alfiyansyah juara dua, Qiroat putri di raih oleh Mei Liatrihapsari jura tiga, Kaligrafi putra diraih nurindra juara dua, pidato putri diraih oleh Liya juara satu, Hafalan surah pendek diraih oleh Egi juara dua dan terakhir ibu-ibu juara qosidah juara tiga.

Silvi Juara dua cabang mewarnai putri. (dokumen desa.id – foto : badar)

“Ini merupakan kebanggaan buat kami sebagai pengasuh TPA Al-Istiqomah dan ustadz serta ustadzah, karena baru pertama kali ikut even untuk tingkat Kecamatan. Bukan juara yang kami cari tetapi melatih mental dan prestasi anak-anak.” Ujar Royan Ali sebagai pengasuh. “Harapan kami anak-anak semakin giat dalam belajar dan dukungan orang tua serta lingkungan. Karena tanpa dorongan dan kerja sama dengan orang tua kami tidak ada apa-apanya. Selanjutnya dengan kegiatan ini dapat memacu anak untuk berprestasi di acara-acara lain, misalnya dalam kancah musabaqoh tilawatil qur’an di Kecmatan Banjar Agung.

(badar/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan