Posyandu balita, menekan angka kematian bayi

Kegiatan Posyandu Balita di Posyandu Dahlia Kampung Tridarma Wirajaya. (dokumen desa.id - foto : badar)

1

tridarma wirajaya.desa.id | Dalam rangka meingkatkan kesehatan warga Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang. Pemerintahan Kampung Tridarma Wirajaya bekerja sama dengan Puskesmas Tulang Bawang 1, Rabu, 11/04/2018, telah mengadakan pos pelayanan terpadu (Posyandu) bagi anak di bawah lima tahun (Balita). Kegiatan ini dimasudkan agar dapat menurunkan angka kematian bayi khususnya di Kampung Tridarma Wirajaya. Dengan bayi yang sehat, mudah-mudahan akan tumbuh generasi penerus yang sehat.

Pelayanan ini dimulai dari pukul 10.15 WIB dipimpin langsung oleh tim kesehatan dari Puskesmas Tulang Bawang 1 dan dibantu oleh bidan desa Tridarma Wirajaya Hernawati, HB. Sebelum acara dimulai disampikan beberapa pesan dari Hernawati tentang maksud dan tujuan dari posyandu Balita . Posyandu adalah pusat kegiatan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan dan keluarga berencana. Posyandu adalah pusat pelayanan keluarga berencana dan kesehatan yang dikelola dan diselenggarakan untuk dan oleh masyarakat dengan dukungan teknis dari petugas kesehatan dalam rangka pencapaian NKKBS atau Posyandu adalah suatu forum komunikasi, alih tehnologi dan pelayanan kesehatan masyarakat yang mempunyai nilai strategis untuk pengembangan sumber daya manusia sejak dini. Posyandu juga merupakan tempat kegiatan terpadu antara program Keluarga Berencana – Kesehatan di tingkat desa. Selain itu Posyandu sebagai pusat pelayanan keluarga berencana dan kesehatan yang dikelola dan diselenggarakan untuk dan oleh masyarakat dengan dukungan teknis dari petugas kesehatan dalam rangka pencapaian Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera (NKKBS).

Bidan Hernawati, HB, Sedang memberikan Penjelasan Posyandu Balita Kepada Ibu-ibu. (dokumen desa.id – foto : badar).

Dilanjutkan pula tujuan pembentukan posyandu balita pertama menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu (ibu hamil), melahirkan dan nifas.kedua Membudayakan NKBS, Meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera.Berfungsi sebagai wahana gerakan reproduksi keluarga sejahtera, gerakan ketahanan keluarga dan gerakan ekonomi keluarga sejahtera.

Pelayanan yang diberikan berupa pelayanan dasar. Selain penimbangan pada bayi, diberikan juga imunisasi yang bertujuan untuk memberikan kekebalan terhadap bayi. Bervarisai imunassi yang diberikan kepada bayi, tergantung usia bayi. Beberapa jenis imunasi yang dibekan oleh petugas dari Puskesmas Tulang Bawang i adalah, Hepatitis B, Polio,BCG, Campak dan BH-HB-HiB. Diberikan juga Vaksin tambahan berupa PVC, Vaselin, Influensa, Hepatitis A dan HPV.

Ibu-ibu dengan Balitanya Sedang mengikuti Posyandu Dahlia. (dokumen desa.id – foto : badar).

Kegiatan posyandu Balita di kampung Tridarma Wirajaya merupakan kegiatan rutin dari Puskesmas Tulang Bawang 1 yang diselenggarakan setiap bulan tanggal 11 (kecualai hari libur). Harapan yang ingin dicapai oleh Puskesmas dan Kampung Tridarma Wirajaya dengan posyandu Balita adalah kesehatan balita bisa terpantau dan bayi kebal terhadap berbagai penyakit. Sehingga diharapkan akan bisa menurunkan angka kematian bayi dan tumbuh generasi penerus yang sehat.

(bdr/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan