Sosialisasi Rumah bibit sayuran ke “KWT” mekar tani kampung tridarma wirajaya

Ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) "Mekar Tani" Sedang Mengikuti Sosialisasi Rumah Bibit Sayuran. (dokumen desa.id - foto : badar)

tidarmawirajaya.desa.id | Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan serta persiapan rumah bibit sayuran. Kelompok Wanita Tani “Mekar Tani” Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung bersama PPL dari BP3K Banjar Agung telah mengadakan sosialisasi bentuk dan model rumah bibit sayuran. Sosialisasi ini bertujuan agar pengurus dan anggota dapat menenentukan bentuk dan penataaan ruang bibit.

Sosialisasi rumah bibit sayuran dilaksanakn Rabu,04/04/2018, bertempat di rumah Ibu Jamilatun ketua Kelompok Wanita Tani Mekar Tani Rt. 02 Suku 04. Sosialisasi disampaikan oleh Bapak Erman, Am.d selaku PPL Kampung Tridarma Wirajaya bersama ibu Ria. Dalam penyampaianya Bapak Erman, A.Md menjelaskan tentang bentuk dan fungsi dari rumah bibit sayuran. Sesuai dengan rencana bahwa rumah bibit menggunakan kerangka baja dengan ukuran minimal 4 M X 5 M. Tertutup oleh bahan yang dapat melindungi dari gangguan lingkungan dan hama.

Bapak Erman, A.Md, Sedang Memberikan Penjelasan Tentang Rumah Bibit Sayuran,(dokumen desa.id – foto : badar)

Dengan demikian Keberadaan Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Tani, yang beralamatkan di RT. 02 Suku 04 Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, diharapkan mampu untuk menjadi pelopor bagi ibu-ibu dalam memanfaatkan lahan pekarangan. Hal ini menjadi tujuan utama, sebab dengan kegiatan KWT salah satunya meningkatkan kesejahteraan anggota.

Disampaikan juga oleh Ibu Ria, tentang peralatan dan media yang akan digunakan untuk pembibitan, antara lain polybag, pot, karung bekas , bekas botol plastik aqua. pot, tanah dan kompos. Sedangkan media tanam dianjurkan menggunakan campuran tanah, pasir, pupuk kandang yang sudah matang atau komposisi lain yang sesuaijenis tanaman.

Ibu Ria Sedang Menjelaskan Aneka Tanaman Sayuran Melalui Proyektor. (dokumen desa.id – foto : badar)

Setelah diadakan sosialisasi ini, diharapkan kelompok wanita tani “Mekar Tani” dapat mengerti dan menerapkan di lapangan, sehingga tujuan pemerintah tentang optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan melalui kawasan rumah pangan lestari (KRPL) untuk memberdayakan rumah tangga dan masyarakat dalam penyediaan sumber pangan dan gizi dapat terwujud.***(bdr/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan