Gotong royong jum’at bersih minggu terakhir bulan maret kampung tridarma wirajaya

Warga RT. 03 Suku 02 Bergotong Royong Membersihkan bahu Jalan di Sepan Kantor dan Masjid. (dokumen desa.id - foto : badar).

tridarmawirajaya.desa.id | Gotong royong adalah kerja sama antara sejumlah warga masyarakat untuk menyelesaikan sesuatu atau pekerjaan tertentu yang dianggap berguna untuk kepentingan bersama. Hidup gotong royong itu sudah dilaksanakan oleh nenek mouang kita, karena gotong royong sebagai ciri khas kepribadian bangsa Indonesia dan itulah yang membedakan bangsa lain yang sifatnya individualis.

“Hidup bergotong royong harus dipertahankan, karena disamping ciri budaya Indonesia, gotong royong merupakan inti dari ajaran Pancasila. Dengan begotong royong kita mampu untuk membangun Kabupaten Tulang Bawang. Dengan gotong royong kita dapat hidup damai tanpa membedakan adat, suku, dan golongan. Kita tinggalkan perbedaan yang tidak ada gunanya. Sudah saatnya kita membangun Kabupaten Tulang Bawang dengan gotong royong.” Sambut Bupati Tulang Bawang, tentang gotong royong.

Warga RT. 04 suku 01 Bergotong Royong di Halaman Kantor Kampung.(dokumen desa.id – foto : badar)

Demi terwujudnya kampung yang bersih dan sehat, maka Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung mengadakan gotong royong jum’at bersih. Gotong royong jum’at bersih berlokasi di jalan poros depan Masjid Jami’ Al-Falah dan Samping lapangan bola antrida. Gotong royong Jum’at ini dikuti oleh warga suku 01 dan warga suku 02.

Gotong royong Jum’at bersih dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama berlokasi di depan lapangan Antrida sebelah Barat adalah suku 01 yang terdiri dari dua RT, yaitu RT. 03 dan RT 04 dipimpin langsung kepala suku Margo. Sedangkan bagian yang kedua berlokasi di halaman masjid Al-Falah dan sepanjang jalan depan Masjid adalah suku 02. pesertayna RT. 03 dan RT. 04, suku 02 dipimpin langsung kepala suku 02, Suja’i.

Dalam gotong royong jum’at bersih ada keterlibatan perempuan.(dokumen desa.id – foto : badar).

Dengan gotong royong yang dilaksanakan di setiap hari jum’at, menjadikan Kampung Tridama bersih, sehat dan indah. Tidak ada air yang tergenang di jalan. Saluran air menjadi lancar. Harapan warga, gotong royong ini tidak hanya dipemukiman, tetapi beralih kejalan produksi pertanian. Hal ini dimaksudkan supaya hasil panen petani dapat dikeluarkan dengan lancar. ***(bdr/tdw).

Facebook Comments
About Badar 415 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan