Kelompok wanita tani siapkan lahan untuk rumah bibit sayuran

Kelompok Wanita Tani (KWT) "Mekar Tani" Mempersiapkan Lahan untuk Kebun Bibit Sayur-Sayuran RT. 02 Suku 04 (Dokumen desa.id - foto : Yuli)

tridarmawirajaya.desa.id | Salah satu kegiatan yang positif bagi ibu-ibu Kampung Tridarma Wirajaya adalah melakukan kegiatan usaha kelompok. Usaha kelompok tersebut di sebut Kelompok Wanita Tani “Mekar Tani”. KWT Mekar Tani beralamatkan di RT. 02 Suku 04 Kampung Tridarma Wirajaya diketuai Jamilatun. Bersama anggota KWT Mekar tani menyiapkan lahan untuk rumah bibit sayur-sayuran.

Persiapan lahan rumah bibit sayur-sayuran dilaksanakan kemaren Rabu, 29/03/2018. Terletak di RT. 02 Suku 04 seluas 5 Meter X 6 Meter. Rumah bibit ini bertujuan memproduksi bibit tanaman untuk memenuhi kebutuhan bibit anggota. Pada setiap anggota ditanam bibit yang diarahkan menjadi cikal bakal kebun bibit kampung.

PPL Pak Erman A.Md sedang Memeriksa lahan untuk kebun Bibit (dokumen desa.id – foto : yuli)

Kegiatan ini mengacu kepada Peraturan Menteri Pertanian Nomor 46/Permentan/RC.110/12/2017 tentang Pedoman Umum Pengelolaan dan Penyaluran Bantuan Pemerintah Lingkup Kementrian Pertanian Tahun Anggaran 2018. Berdasarkan dengan Permentan tersebut KWT Mekar Tani mengajukan untuk menjadi peserta KRPL.

Kebun bibit ini merupakan salah satu sumber bibit dalam pengembangan KRPL, sebagai upaya menuju terciptanaya Rumah Pangan Lestari (RPL). RPL yang dimaksud adalah rumah tangga atau tempat tinggal yang memanfaatkan pekarangan secara optimal melalui model KRPL. Untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi sehari-hari serta menambah pendapatan keluarga.

Ibu-Ibu KWT Mekar Tani Sedang Mempersiapkan lahan untuk kebun Bibit Sayuran. (dokumen desa.id – foto : yuli)

Dengan kebun bibit diharapkan KWT Mekar Tani dapat memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga. Kebutuhan tersebut dengan memanfaatkan pekarangan anggota yang ditanam berbagai jenis sayuran dengan menggunakan media polybag, vertukultur dan hidroponik sesuai dengan potensi lahan yang tersedia.

Disamping  untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, Pengelolaan Kawasan Rumah Pangan Lestari(KRPL) juga sebagai penataan pekarangan lingkungan agar terbentuk lingkungan asri  dan nyaman. Sehingga akan menjadi indah dan menjadi daya tarik serta menyenangkan.***(bdr/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan