Kelompok wanita tani mekar tani adakan persiapan lahan tanam

Ibu-ibu KWT Mekar Tani sedang mempersiapkan lahan untuk tanaman sayur-sayuran di Dampingi PPL (dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Keberadaan Kelompok Wanita Tani (KWT)di kalangan ibu-ibu membawa warna tersendiri untuk berfikir kfreatif dan cara berorganisasi. Kelompok Wanita Tani yang semula bernama KWT Maju Bersama diubah dengan nama KWT Mekar Tani beralamatkan di RT. 02 Suku 04 Kampung Tridarma Wirajaya, diketua oleh Jamilatun. Tujuan dari KWT Mekar Tani meningkatnya peran dan produktivas wanita tani sebagai pengurus rumah tangga dan tenaga kerja pencari nafkah (tambahan maupun utama), juga berhubungan erat dengan perannya sebagai pelaku usaha dalam upaya peningkatan pendapatan dan pemenuhan kebutuhan pangan keluarga, menuju pencapaian ketahanan pangan dan kesejahteraan rumah tangga.

Sebagaian KWT Mekar Tani sedang Mempersiapkan lahan untuk ditanami sayuran. (dokumen desa.id – foto : badar)

Berangkat dengan tujuan mulia KWT Mekar Tani bersiap untuk mulai tanam sayur-sayuran. Persiapan itu berupa pengolahan lahan yang dikerjakan bersama-sama anggota. Rencananya akan ditanam kacang hijau.

“Pengolahan tanah lahan sayur-sayuran ini rencananya akan kami tanam kacang hijau. Baru sekali ini akan kami coba. Sebab sebelumnya sudah dicoba tanaman sayuran terong dan kacang panjang, tetapi hasilnya kurang memuaskan.” Sambut Ketua KWT Jamilatun.
Pada kesempatan ini datang juga Bapak Erman, A.Md dari BP3K Banjar Agung selaku PPL KWT Mekar Tani. Kedatangannya untuk membina langsung cara pengolahan tanah dan persiapan lahan pembibitan sayur-sayuran.

PPL Pak Erman A.Md sedang Memeriksa lahan untuk kebun Bibit (dokumen desa.id – foto : badar)

“Kedatangan saya kemari untuk memastikan lahan yang akan dipergunakan untuk pembibitan sayur-sayuran. Mengingat denga proposal yang diajukan kelompok Wanita Tani (KWT) yang diusulkan ke dinas Tanaman Pangan ProvinsiLampung melalui Dinas Tanaman Kabupaten Tulang Bawang. Selain itu juga membina langsung kepada KWT Mekar Tani untuk mengelola lahan yang akan ditanam sayur-sayuran.” penjelasan dari Erman, A.Md selaku PPL.

Dengan KWT ini diharapkan benar-benar sebagai wadah untuk meningkatkan produktivitas wanita tani. Sebagai peningkatan pendapatan dan pemenuhan kebutuhan keluarga dan kesejahteraan keluarga. Selain itu harapan dari KWT Mekar Tani pembinaan dari dinas terkait agar KWT dapat berdiri kokoh.***(bdr/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan