Pak mulyono petani sayuran di pojok kampung

Kebun Sayuran Pare Milik Pak Mulyono Kampung Tridarma Wirrajaya.(dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Jika di pojok kampung tridarmawirajaya kita kenal pengrajin genteng dan batu bata, maka ada juga di pojok kampung yang berbudidaya sayuran. Bedanya pojok kampung yang mengelola usaha genteng dan batu bata berada di Timur Kampung, sedangkan petani sayuran berada di sebelah Barat Kampung Tridarma Wirajaya.

Sayur-sayuran termasuk dalam daftar makanan yang harus dikonsumsi setiap hari. Seperti halnya buah-buahan, sayuran juga menyuplai serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar proses pencernaan. Serat yang terdapat sayuran juga berfungsi untuk mengikat kolesterol jahat di dalam saluran pencernaan sehingga kolesterol tersebut tidak dapat diserap kembali oleh tubuh.

Tanaman Timun Milik Pak Mulyono.(dokumen desa. id – foto : badar)

Menyadari manfaat sayur-sayuran bagi kesehatan, Bapak Mulyono salah satu warga Kampung Tridarma Wirajaya yang tergabung dalam kelompok tani Karya Baru sekarang menjadi petani sayuran. Berbagai jenis tanaman sayuran yang ia tanam, seperti Gambas, Pare, timun dan cabai kecil.

“Saya dulu petani kebun karet, seiring dengan berjalanya waktu dan usia saya, maka saya beralih menjadi petani sayuran. Memanfaatkan pekarangan rumah yang tidak terlalu lebar untuk budidaya sayuran. Disamping untuk konsumsi keluarga juga menambah penghasilan keluarga” Kata Pak Mulyono.

Tanaman pare milik Pak Mulyono yang mulai berbuah (dokumen desa.id – foto : badar)

“Pemasaran hasil kebun sayuran tidak mengalami kesulitan. Pedagang datang sendiri ke kebun. Disamping untuk memenuhi gizi makanan dan ada nilai bisnisnya, saya memberikan contoh kepada teman-teman untuk memanfaatkan pekarangan rumah.”lanjutnya.

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan