Lomba asah terampil gapoktan dalam rangka HUT kabupaten tulang bawang

Lomba Asah Terampil Gapoktan Dalam Rangka HUT Kabupaten Tulang Bawang. (dokumen desa.id -foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Lomba asah terampil gapoktan se-Kabupaten Tulang Bawang dalam meeriahkan hari ulang tahun Kabupaten Tulang Bawang ke-21 telah digelar Jum’at, 16/03/2018. Diikuti oleh empat peserta, Gapoktan Banjar Agung, Gapoktan Banjar Baru,Gapoktan Penawar Tama dan Gapoktan Rawa Pitu. Hadir dalam lomba Kepala Dinas Pertanian, Asisten II, Kepala Badan Perlindungan Perempuan dan Anak, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Pejabat eselon III dan IV, BPP, dan Camat Banjar Agung. Kegiatan dilaksanakan di aula gedung Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Tulang Bawang, Kampung Tiyuh Toho.

Dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama. Dilanjutkan laporan Kepala Dinas Pertanian sebagai panitia penyelenggara lomba asah terampil Gapoktan. “Kegiatan lomba asah terampil gapoktan se-Kabupaten Tulang Bawang, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Untuk tahun 2018 berbeda dengan tahun yang lalu. Perbedaanya, jika peserta tahun yang lalu pesertanya berasal dari hasil pemenang tiap-tiap rayon (ada empat rayon). Sedangkan pelaksanaan pada tahun ini peserta bukan hasil seleksi dari tiap rayon, tetapi cukup mewakili rayon masing-masing hasil pemenang tahun kemarin’.” Sambut Kepala Dinas Pertanian

peserta asah terampil dari gapotan Kecamatan Banjar Agung.(dokumen desa.id – foto : badar)

 “Maksud dilaksanakan lomba asah terampil yaitu untuk memotivasi petani dan kelompok tani dalam kegiatan usaha tani sesuai degan rekomendasi sata mengembangkan fungsi kelembagaan klompok tani atau gapoktan yang ada di Kabupaten Tulang Bawang. Tujuan dari kegiatan lomba asah terampil yaitu memberikan kesempatan kepada peserta untuk memhami secara utuh teknologi baru dalam bidang pertanian dan meningkatkan pengetahun, ketrampilan dan sikap para petani dalam melaksnakan usaha tani sesuai dengn teknologi yang berkembang.”Lanjutnya

Camat Banjar Agung Sudirman, SH (kopiah) Ikut Serta Dalam Lomba Asah Terampil. (dokumen desa.id – foto : badar)

Sambutan asisten II, mewakili Bupati Tulang Bawang. “Lomba asah terampil merupakan kegiatan menguji pengetahuan dan keterampilan peserta, sebagai pelaku utama dalam melaksnakan usaha tani, baik setor tanaman pangan, perkebunan peternakan dan pengetahuan lainya. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memicu dan memotivasi para petani sesuai petunjuk teknologi pertanian serta mengembangkan fungsi kelembagaan kelompok tani sebagai wadah produksi, sehingga dapat diandalkan, berjalan lebih baik lagi dalam era pertanian kedepan.” Sambutnnya.

Pendukung lomba asah terampil dari Gapoktan Banjar Agung.(dok. desa.id – foto : badar).
Pendukung asah Terampil dari Kecamatan Banjar Baru.(dokumen desa.id – foto : badar)

Mengaharapkan petani sebagai pelaku utama harus berkratifitas, inovatif, efesiensi dalam usaha tani. Kelompok tani Kabupaten Tulang Bawang dapat berpacu terus dan dapat bersaing sekaligus memperkuat petani yang ada di daerahnya sehingga menjadi petani yang berkualitas. ***(bdr/tdw)

Facebook Comments
About Badar 401 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan