Juara 1 lomba asah terampil gapoktan dimenangkan kecamatan banjar baru

Peserta asah terampil Gapoktan Banjar Baru.( dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Lomba asah terampil antar Gapoktan se-Kabupaten Tulang Bawang kemarin, Jum’at 16/03/2018 dikuti oleh empat peserta.Keamatan Penawar Tama, Kecamatan Banjar Agung, Kecamatan Rawa Pitu dan Kecamatan Banjar Baru. Dimenangkan oleh gapoktan dari Kecamatan Banjar Baru, Kabupaten Tulang Bawang. Lomba asah terampil dimulai setelah acara dibuka oleh Bupati Tulang Bawang yang diwakili oleh Asisten dua bidang ekonomi.

Dewan juri dalam lomba asah terampil gapoktan. (dokumen desa.id – foto : badar)

Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama. Dilanjutkan laporan Kepala Dinas Pertanian sebagai panitia penyelenggara lomba asah terampil Gapoktan. “Kegiatan lomba asah terampil gapoktan se-Kabupaten Tulang Bawang, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Untuk tahun 2018 berbeda dengan tahun yang lalu. Perbedaanya, jika peserta tahun yang lalu pesertanya berasal dari hasil pemenang tiap-tiap rayon (ada empat rayon). Sedangkan pelaksanaan pada tahun ini peserta bukan hasil seleksi dari tiap rayon, tetapi cukup mewakili rayon masing-masing hasil pemenang tahun kemarin’.” Sambut Kepala Dinas Pertanian

“Maksud dilaksanakan lomba asah terampil yaitu untuk memotivasi petani dan kelompok tani dalam kegiatan usaha tani sesuai degan rekomendasi sata mengembangkan fungsi kelembagaan klompok tani atau gapoktan yang ada di Kabupaten Tulang Bawang. Tujuan dari kegiatan lomba asah terampil yaitu memberikan kesempatan kepada peserta untuk memhami secara utuh teknologi baru dalam bidang pertanian dan meningkatkan pengetahun, ketrampilan dan sikap para petani dalam melaksnakan usaha tani sesuai dengn teknologi yang berkembang.”Lanjutnya

Skor nilai yang diperoleh para peserta lomba. (dokumen desa.id – foto : badar)

Perebutan yang alot antar peserta dengan materi soal yang diberikan oleh panitia menunjukan bahwa semua peserta lomba asah terampil merupakan peserta yang benar-benar menguasai materi dan benar-benar petani yang mengusai lapangan. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai yangcukup tipis. Dan akhirnya gapoktan dari Kecamatan Banjar Baru yang mendapat urutan pertama. Urutan kedua diraih gapoktan Kecamatan Rawa Pitu. Urutan Ketiga Gapoktan dari Kecamatn Banjar Agung dan Juara harapan Gapoktan dari Kecamatan Penawar Tama.

Disambut dengna suka cita oleh pedukung gapoktan Kecamatan Banjar Baru atas kemenangnya. Hadiah akan diberikan tanggal 20/03/2018 di gedung GSG. “Diharapkan semua peserta datang, dikarenakan semua pesrta akan menerima hadiah, tropy, dan uang pembinaan.” Kata Ketua Panita.

Tim pendukung dan official dari gapoktan Banjar Baru.(dokumen desa.id – foto : badar)

Kemenangan yang diperoleh gapoktan Kecamatan Banjar Baru, bukan merupakan hadiah semata-mata. Gapoktan Banjar Baru jauh-jauh hari sudah mempersiapkan diri, dengan cara belajar materi, baik perkebunan, tanaman pangan, ternak dan berbagai jenis obat-obatan. Maka wajarlah jika Gapoktan Kecamatan Banjar Agung dapat memenangkan lomba asah terampil gapoktan di tahun 2018.Harapan kedepan mudah-mudahan acara ini masih dapat berlangsung dan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta dapat mengusai teknologi pertanian.***(bdr/tdw)

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan