Kampung banjar dewa juara 1 lomba ogoh-ogoh tingkat kabupaten

Tim Ogoh-Ogoh dari Kampung Banja Dewa Sebagi Juara i. (dok. desa.id - foto : Badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Festival ogoh-ogoh  yang dilaksanakan pada hari Mingu, 11/03/2018, di lapangan bola kampung Banjar Dewa telah selsai. Diikuti oleh sembilan peserta dewasa dan tiga peserta anak-anak. Berbagai bentuk dan kreasi seni patung ogoh-ogoh sudah ditampilkan. Genderang musik dan teriakan-teriakanpun dikumandangkan untuk menambah suasana yang meriah.

Kemeriahan festival ogoh-ogoh semakin lengkap dengan kehadiran Bupati dan Wakil Bupati Tulang Bawang dan didampingi oleh Ketua DPRD. Kapolres, Dandim 0426, Camat, Tokoh Agama hindu dan Tokoh Masyarakat. Kehadiran Bupati dan Wakil selain menyaksikan langsung jalannya festival, sekaligus membuka festival ogoh-ogoh. Pembukaan ditandai dengan memukul gong bersama bupati dan wakil bupati. Selanjutnya disambut dengan tepuk tangan oleh hadirin yang hadir dalam acara tersebut.

Bupati dan Wakil Bupati Memukul Gong Tanda Dimulainya Festival Ogoh-ogoh. (dokumen desa.id – foto : badar)

Ada beberapa kreteria penilaian yang disampaikan oleh panitia. Kreasi, kesesuaian tema dengan bentuk ogoh,ogoh, aksesoris, keseuaian sinopsis danantraksis dan kesesuaian gamelan. Peserta yang mengikuti festiva terdiri dari dua belas peserta yan tersebar di wilayah Kabupaten Tulang Bawang. “Awalnya  tujuh belas peserta ,  tetapi yang lima peserta mengundurkan diri” Kata salah satu Panitia .

“Untuk festival ogoh-ogoh tahun ini sudah semakin baik, terutama bentuk dan kreasi ogoh-ogoh. Musik yang mengiringi rata-rata sudah bagus. Harapan kedepan untuk musik pengiring di lombakan tersendiri. Ogoh-ogoh anak-anak harus disesuaikan dengan bentuk dan besarnya ogoh-ogoh, agar tidak menjadi beban bagi anak-anak. Untuk pengiring musik ogoh-ogoh anak-anak dilakukan oleh anak-anak, hal ini supaya tidak putus generasi.”Sambut salah satu juri lomba. Juri lomba terdiri dari orang, yaitu I Wayan Kartiana, SS karawitan, menjabat di dinas Pariwisata Provinsi Lampung. I Gusti Nyoman Astane, A.Ag. M.Si sebagai PNS dina pariwisata Lampung dan Wisnu Wijaya, M,SN dari kota Metro.

Dewan Juri pada Festival lomba ogoh-ogoh (Dokumen desa.id – foto : Badar)

Setelah melalui proses yang cukup panjang, maka sesuai dengan hasil keputusan juri ditetapkan Kampung Banjar Dewa, Kecamatan Banjar Agung  menjadi pemenang dengan urutan pertama. Disusul dengan Kampung Dwi WargaTunggal Jaya, urutan kedua dan Peserta dri Tulang Bawang Barat sebagai juara ketiga. Sebagaimana keputusan panitia, maka juara pertama diberikan uang pembinaan Rp 5.000.000,-  dan tropy. Juara dua diberikan uang pembinaan Rp 3.500.000 dengan tropy, dan juara ketiga diberikan uang pembinaan Rp 2.500.000,- dengan tropy.

Penerimaan Tropy dan Uang Pembinaan Juari 1 lomba ogoh-ogoh (dokumen desa.id – foto : Badar)

 Dengan diserahkanya hadiah berupa uang dan tropy, maka berakhirlah rangkaian acara festival ogoh-ogoh Kabupaten Tulang Bawang ditahun 2018 yang bertempat di Lapangan Bola Kampung Banjar Agung. Dengan tema “Melalaui Ogoh-Ogoh Kita Tingkatkan Nilai-Nilai sepiritual Seni Budaya dan Semangat Gotong Royong dalam Keberagaman Masyarakat di Kabupaten Tulang Bawang.***(bdr/tdw)

 

About Badar 416 Articles
Pegawai Kecamatan Banjar Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan