Bupati dan wakil bupati resmikan festival ogoh-ogoh

Bupati Tulang Bawang Hj. Winarti, Sedang Memberikan Sambutan Dalam Festival Ogoh-Ogoh.(dokkumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Minggu, 11/03/2018, telah digelar festival ogoh-ogoh di lapangan bola Banjar Dewa Kecamatan Banjar Agung dengan tema “melalui ogoh-ogoh kita tingkatkan nilai-nilai seni budaya dan semangat gotong royong dalam keberagaman masyarakat di Kabupaten Tulang Bawang”. Fetival ogoh-ogoh ini dalam rangka menyambut hari raya nyepi. Hadir dalam festival Bupati dan Wakil Bupati Tulang Bawang, Ketua DPRD, Camat, Kapolres Tulang Bawang, Kapolsek Banjar Agung, Dandim 0426, Ketua parisada Provinsi Lampung. Tokoh Masyarakat dan tokoh agama hindu.

Festival ogoh-ogoh pada awalnya akan diselenggarakan di cakat raya, tetapi dikarenakan ada sesuatu hal maka kegiatan dialihkan di lapangan bola Banjar Dewa.” Kata   salah satu panitia penyelenggara. Festival diikuti oleh 12 peserta yang terdiri dari 9 peserta dewasa dan 3 peserta anak-anak. Dalam festifal akan ada penilian untuk mentukan juara satu, dua dan tiga, juara harapan satu, dua dan tiga.

Bupati dan Wakil Bupati Tulang Bawang Menghadiri festival Ogoh-Ogoh di Lapangan Banjar Dewa. (Dok. desa.id – foto : badar)

Dalam sambutanya ketua parisada Kabupaten Tulang Bawang menyampaikan Dalam fungsi utamanya, Ogoh-ogoh sebagai representasi Bhuta Kala, dibuat menjelang Hari Nyepi dan diarak beramai-ramai keliling desa pada senja hari Pangrupukan, sehari sebelum Hari Nyepi. Menurut para cendekiawan dan praktisi Hindu Dharma, proses ini melambangkan keinsyafan manusia akan kekuatan alam semesta dan waktu yang maha dashyat. Kekuatan tersebut meliputi kekuatan Bhuana Agung (alam raya) dan Bhuana Alit (diri manusia). Dalam pandangan Tattwa (filsafat), kekuatan ini dapat mengantarkan makhluk hidup, khususnya manusia dan seluruh dunia menuju kebahagiaan atau kehancuran. Semua ini tergantung pada niat luhur manusia, sebagai makhluk Tuhan yang paling mulia dalam menjaga dirinya sendiri dan seisi dunia.

Bupati dan Wakil Bupati Tulang Bawang Menaiki Ogoh-Ogoh. (dok.desa.id – foto : badar)

Ucapan terimakasih disampikan oleh Bupati Tulang Baang Winarti. SE. MH yang didampingi oleh Wakil Bupati Tulang Bawang Hendriwansyah. Atas terselenggranya festifal ogoh-ogoh. “Saya berharap untuk tahun depan ditingkatkan jumlah pesertanya, bukan hanya dua belas tetapi tiga puluh peserta. Disampaikan juga bahwa Saya Bupati Tulang Bawang, Winarti merupakan bagian dari umat hindu. Oleh karena itu saya mohon do’anya agar selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk mambangun Kabupaten Tulang Bawang.

Bupati Tulang Bawang Winarti, Camat Banjar Agung dan Kepala Kampung Banjar Dewa foto Bersama. (dokumen desa.id – foto : badar)

Dalam waktu dua bulan setengah Winarti sudah menunjukan kinerjanya. Kinerja tersebut tidak akan terwujud tanpa ada dukungan dan partisipasi dari masyarakat. Salah satu contoh partisipasi dari warga adalah bergotong royong. Sebab dengan bergotong royong semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat. Gotong royong royong merupakan inti sari dari kandungan Pancasila. Selesai memberikan sambutan, Bupati diiringi wakil Buapti membuka vestifal ogoh-ogoh dengan menabuh gong, bersama wakil bupati yang menandakan dimulainya festifal ogoh-ogoh.***(bdr/tdw)

Facebook Comments
About Badar 408 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan