Pelantikan dan pengukuhan PPS pemilu 2019

KPU Kabupaten Tulang Dalam Acara Pelantikan dan Pengukuhan PPS pada Pemilu 2019. (Dok.desa.id - Foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Pelantikan dan Pengukuhan Panitia Pemungutan Suara (PPS ) se-Kabupaten Tulang Bawang pada pemilihan Umum 2019 telah dilaksanakan di gedung Serba Guna (GSG) Kabupaten Tulang Bawang, Kamis, 08/03/208. Pelantikan dan Pengukuhan tersebut  dilakukan oleh Komisioner KPU Kabupaten Tulang Bawang. Hadir dalam kegiatan tersebut PPK, Polres Tulang Bawang, Dandim 0426 Tulang Bawang. Panwaslu Tokoh Agama dan semua PPS se-Kabupaten Tulang Bawang.

Peserta Pelantikan dan Pengukuhan PPS Pemilu tahun 2019.(dok.badar – foto : Badar)

Acara dibuka pukul 14.25  WIB,  diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh semua peserta . Dalam sambutannya KPU Tulang Bawang sebagai perpanjangan tangan KPU pusat melakukan evaliasi beberapa hari yang lalu dan sebagaian langsung disupervisi oleh korwil masing – masing untuk melakukan evaluasi. nomor 3 tqhun 2018 hanya dua tahap, yaitu rekurtmen terbuka dan melakukan evaluasi. dua tahap ini dimungkinkan oleh Undang-Undang dan peraturan komisi pemilihan umum. Tulang Bawang mengambil kebijakan untuk panitia PPK dilkukan rekrutman terbuka . Dulu sebelum Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 belum disahkan PPK jumlah 5 orang. Setelah Undanf-Undang Nomor 7 Tahun 2017 disahkan maka PPK menjadi 3 orang .PPS jumlah tetap,yaitu 3 orang. Tidak melakukan rekrutmen terbuka melainkan evaluasi.

Ketua KPU Tulang Bawang sedang Memberikan Sambutan( Dok.desa.id – foto : Badar)

Evalusi ini sebagai bahan evaluasis KPU Kabupaten Tulang Bawang, apakah PPS masih layak atau tidak. tapi dalam evaluasi itu masih subjektif karena rekan-rekan belum melakukan kinerja .baru melakukan satu tahap coklit. Dan coklit itu yang melakukan PPDP namun rekan-rekan PPS semua melakukan monitorong terhadap PPDP. Oleh sebab itu karena sifatnya PPS masih pilgub. Dalam kesempatan ini mengucapkan terimaksih dan salam buat PPDP.

PPS harus memahami wilayah   kerjanya, oleh karena itu PPS harus tahu kepala kampung ,wilayah, harus kenal RT kampung daftar pemilih sementara yang sudah ditetapkan,kemudian kita harus pahami dan mengetahui kode etik yang melekat di diri kita. Harus tahu apa yang wajib dan tidak wajib kita laksanakan, yang patut dan tidak patut kita kerjakan. Kerjakan sesuai dengan perintah undang-undang dan peraturan KPU apa yang dipertintahkan oleh PPK dan menjaga marwah pemilu. Karena ini adalah pertangguhan demokrasi.

Penandatanganan Fakta Integritas oleh Perwakilan PPS. (dok. desa.id – foto : Badar)

Selanjutnya pengambilan sumpah yang dilaksanakan langsung oleh ketua KPU. Pengambilan sumpah kali ini berbeda dengan pengambilan sumpah sebelumnya. Jika pengambilan sumpah pada waktu lalu yang maju cukup diwakili oleh perwakilan PPS sedangkan yang lainnya menirukan di barisan belakang , tetapi untuk sekarang maju semua. Pengambilan sumpah sesuai dengan agama masing-masing. Ada tiga pemeluk agama, sehingga ada 3 tokoh agama yang hadir dalam acara tersebut. setelah pengambilansumpah dilanjutkandenganpenanda tangananfakta integritas PPS.

PPS Kecamatan Banjar Agung Foto Bersama dengan KPU dan Tokoh (Dokumen desa.id – foto : Badar)

Acara diakhiri dengan menyanyikan lagu padamu negeri. Dengan harapan tahapan demi tahapan yang dilakukan PPK dan PPS dalam  pemilihan  dapat berjalan lancar tidak ada masalah sampai dengan proses pelaksnaan pemilu.***(bdr/tdw)

Facebook Comments
About Badar 405 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan