Pembangunan Infrastruktur Masih Menjadi Skala Prioritas Pada Musrenbang Kecamatan Banjar Agung

Musrenbang Kecamatan Banjar Agung untuk Tahun Anggaran 2019. (dokumendesa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/stakeholders di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan terkait yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang Kampung , serta menyepakati rencana kegiatan lintas kampung di Kecamatan yang bersangkutan.

Masukan itu sekaligus sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan yang akandiajukan kepada SKPD yang berwewenang sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah pada tahun berikutnya. Musrenbang kecamatan dilakukan setiap tahun pada bulan Februari dengan luaran berupa Dokumen Rencana Pembangunan Kecamatan serta masukan untuk Renja SKPD Kecamatan.

Peserta Musrenbang Kecamatan Banjar Agung untuk Tahun Anggaran 2019 di Aula Kecamatan. (dokumen desa.id – foto : badar)

 Untuk itu  Kecamatan Banjar Agung telah mengadakan Musrenbang Kecamatan yang dilaksanakan pada hari Senin, 19/02/208  di Aula Kecamatan Banjar Agung. Hadir dalam acara tersebut uspika Kecamatan Banjar Agung, Bappeda Litbang Kabupaten Tulang Bawang, Dinas PU, Dinas Pertanian, DPRD Kabupaten Tulang Bawang.  Kepala Kampung,  BPK , tokoh Mayarakan dan Ibu-ibu PKK.

Dalam Sambutannya Camat Banjar Agung, Sudirman, SH menyampaiakn bahwa Musrenbang Kecamamatan merupakan tindak lanjut dari Musrenbang Kampung skala prioritas. Yang kemudian dimuswarahkan kembali di Kecamatan untuk menentukan skala prioitas hasil musrenbang Kecamatan yang akan diusulkan ditingkat Kabupaten di Tahun Anggaran 2019. Banyak sekali usulan yang disampaikan oleh Kampung, tetapi tidak semua kegiatan yang diusulkan akan terealisasi. Hal ini dikarenak nada beberapa rumus untuk meloloskan usulan kegiatan.  Maka jangan kedewa, jika usulannya tidak terealisasi.

Camat Banjar Agung Sudirman,SH Sedang Memberikan Sambutan Dalam Acara Musrenbang Kecamatan. (dokumen desa.id – foto : badar)

Hal terseubut diamini oleh Anggota DPRD Kabupaten Tulang Bawang Bambang Semedi. Untuk terlaksanaya usulan pembangunan tersebut harus memperhatikan tiga hal, yaitu pertama mendesak, artinya usulan yang disampikan itu sifatnya mendesak   atau tidak. Kedua dirasakan oleh orang banyak, artinya manfaat dari bengunan tersebut dirasakan oleh orang banyak atau tidak. Dan yang terakhir adalah Pembiayaan, artinya pelaksanaan bangunan tersebut terjangkau atau tidak dengan biaya yang tersedia. Disampaikan juga bahwa usulan musrenbang haruslah berfariatif, artinya usulan harus dari berbagai bidang seperti,pertanian, pendidikan, pemuda, PKK. dan Kesehatan  bukan hanya dibidang pembangunan infrastruktur.

Anggota DPRD Kabupaten Tulang Bawang Bambang Semedi Sedang Memberikan Tanggapan atas Usulan dalam Musrenbang Kecamatan. (Doumen desa.id – foto : Badar)

Jika dilihat dari usulan hasil musrenbangkam Kampung   hampir seluruh usulan  dibidang infrastruktur terutama jalan dan jembatan. Hal ini disebabkan karena pembangunan jalan dan jembatan merupakan kebutuhan dasar yang sangat vital dan tidak mungkin dibangun dari dana Kampung, terutama jalan yang menghubungkan antara Kecamatan dan antar Kabupaten . Yang kedua bidang Pendidikan, terutama pendidikan sekolah dasar. Ada beberapa usulan yang disapaikan oleh kepala kampung yang merupakan skala prioritas. Usulan dari Kampung Warga Indah Jaya, berupa pembangunan jalan sepanjang 1,5 Km, merupakan jalan yang menguhubungan Kecamatan Way Kenanga Kabupaten Tulang Bawang Barat. Kedua usulan Sekolah dasar Negerei 3 Warga Indah. Usulan Kampung Tridarma Wirajaya berupa Peningkatan dari Pustu menjadi Puskesas. Ini usulan tiga tahun yang lalu yang diusulkan setiap tahun dan rehab SDN 02 Tridara Wirajaya. Usulan yang ketiga dari Kampung Tritunggal Jaya, peningkatan jalan sepanjang 13 Km dari jalan tanah ke jalan onderlagh yang menghubungkan Kampung Tritunggal Jaya dengan Kampung Penawar Rejo Kecamatan Banjar Marrgo. Dari Kampung Banjar Agung usulan peningkatan jalan onderlagh ke jalan lapen sepanjang 1,3 Km lokasi belakang POM.

Kepala Kampung Tridarma Wirajaya Tatang Hermansyah Menyampaikan usulan dalam Musrenbang Kecamatan(Dokumen desa.id – foto : badar)

Dari usulan-usulan yang disampaikan oleh kepala kampung menunjukan, bahwa pembangunan infrastruktur masih mendominasi untuk tahun anggaran 2019. Ada juga usulan yang disampaikan oleh ibu-ibu PKK berupa peningkatan kapasitan PKK di Kecamatan Banjar Agung dan study banding ke daerah lain   yang tujuannya agar PKK bertambah maju dan dapat meningkatkan kesejahteraan.

Ibu-ibu PKK dalam Musrenbang Kecamatan. (dokumen desa.id – foto : Badar)

“Tuntaslah sudah Musrenbang Kecamatan Banjar Agung Tahun Anggran 2019. Dengan harapan  semua dapat terwujud di tahun 2019. Sehingga   masyarakat di Kecamatan Banjar Agung benar-benar  dapat hidup aman, adil dan sejahtera.” Sambut Camat Banjar Agung di akhir acara.***(bdr/tdw)

 

 

Facebook Comments
About Badar 401 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan