Menuju sehat dengan posyandu lansia kampung tridarma Wirajaya

Kegiatan Posyandu Lansia di Kampung Tridarma Wirajaya. (Dokumen desa.id - foto : Badar).

tridarmawirajaya.desa.id | Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati, yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya.Tujuan posyandu lansia meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia dan Mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan disamping meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut.

Adi Daya Iskandar Petugas dari Puskesmas Tulang Bawang 1 Sedang mengambil Sempel Darah Milik Bu Tukiyah. (Doumen desa.id – foto : badar)

Untuk mencapai tujuan tersebut, maka Puskesmas Tulang Bawang 1 bersama Kampung Tridarma Wirajaya melaksanakan Posyandu Lansia yang bertempat di Balai Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang kemaren, Selasa, 13/02/2018. Dalam kegiatan tersebut dipimpin oleh petugas puskesmas Tulang Bawang 1, Adi Daya Iskandar beserta dua rekanya dibantu dengan kader posyandu lansia Kampung Tridarma Wirajaya.

Pelayanan yang diberikan kepada Lansia antara lain Pemeriksaan aktivitas kegiatan sehari-hari meliputi kegiatan dasar dalam kehidupan. Pemeriksaan status mental. Pemeriksaan status gizi melalui penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan dan dicatat pada grafik indeks masa tubuh (IMT). Pengukuran tekanan darah menggunakan tensimeter dan stetoskop serta penghitungan denyut nadi selama satu menit.Pemeriksaan hemoglobin menggunakan talquist, sahli atau cuprisulfat. Pemeriksaan adanya gula dalam air seni sebagai deteksi awal adanya penyakit gula (diabetes mellitus). Pemeriksaan adanya zat putih telur (protein) dalam air seni sebagai deteksi awal adanya penyakit ginjal.Pelaksanaan rujukan ke Puskesmas bilamana ada keluhan dan atau ditemukan kelainan pada pemeriksaan dan. Penyuluhan Kesehatan.

Hasil dari Sempel Darah bu Tukiyah Mencapai 464 berarti Positif Mengidap Penyakit Kadar Gula (Dokumen desa.id -foto : Badar)

  Hasil pemeriksaan dari alat yang digunakan mencapai 464. Menurut penjelas Adi dengan angka tersebut kadar gula yang dimiliki oleh ibu Tukiyah sudah tinggi, maka perlu penangan yang serius. Lain dari itu hasil pemeriksaan yang paling banyak adalah darah tingggi menuyusul asam urat. Dengan hasil pemeriksaan secara umum bahwa lansia di Kampung Tridarma Wirajaya masih dalam bentuk wajar dalam arti penyakit yang diderita karena faktor usia.

Dengan pemeriksaan dan pengobatan yang rutin melalui posyandu lansia diharapkan lansia yang ada di Kampung Tridarma Wirajaya semakin sehat baik fisik maupun mental emosional dari masalah kesehatan yang dihadapi.Hal ini tentunya didukung dengan sikap pribadi yang baik yang merupakan dasar atas kesiapan atau kesediaan lansia untuk mengikuti kegiatan posyandu. Dengan sikap yang baik tersebut, lansia cenderung untuk selalu hadir atau mengikuti kegiatan yang diadakan di posyandu lansia. Hal ini dapat dipahami karena sikap seseorang adalah suatu cermin kesiapan untuk bereaksi terhadap suatu obyek. Kesiapan merupakan kecenderungan potensial untuk bereaksi dengan cara-cara tertentu apabila individu dihadapkan pada stimulus yang menghendaki adanya suatu respons.

(bdr/tdw)

Facebook Comments
About Badar 192 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Tinggalkan Balasan