Menciptakan lingkungan aman, tertib dan nyaman

Aparatur Kampung dan Kepala Kampung Sedang Bermusyawarah Menyusun Jadwal Ronda. ( Dokumen desa.id - foto : badar)

tridarmawirajaya.desa.id |   Dalam rangka meningkatkan rasa keamanan  dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat,maka Aparatur Kampung dan Kepala Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang menata kembali jadwal ronda malam yang merupakan kegiatan Siskamping yang mulai mengendor. Tujuan dari kegiatan ini agar ronda malam dapat aktif kembali. Sehingga keamanan dan kenyamanan bagi warga Kampung Tridarma Wirajaya dapat tercapai.

Kepala Kampung Menghimbau kegiatan ronda malam supaya ditingkatkan dan ditata kembali, berdasarkan tempat tinggal warga dan wilayah. Penataan tersebut secara tekhnis dikerjakan oleh Poldes dan Kepala Suku. Disampaikan juga, bahwa Ronda malam ini harus dilaksanakan oleh semua warga kecuali janda dan lansia. Setelah jadwal ronda disusun, pada malam itu langsung dilaksanakan dan ditinjau langsung oleh Babinkamtibmas, Serka Budiyanto dari Polsek Banjar Agung.

Kepala Suku 04, Suker Menampilkan Jadwal Ronda Di Wilayah Suku 04. (Dokumen desa.id – foto : Badar)

Dalam kunjunganya Babinkamtibmas Rerka  Rudiyanto menyampaiakn bahwa Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan) merupakan upaya bersama dalam meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat yang memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat dengan mengutamakan upaya-upaya pencegahan dan menangkal bentuk-bentuk ancaman dan gangguan Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat).

Babinkamtibmas Rudiyanto Sedang Memberikan Pejelassan Tetang Manfaat Roda di Gardu RT. 04 Suku 01 (Dokumen desa.id – foto : Badar)

Kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi bidang keamanan dan ketertiban, merupakan potensi pengamanan swakarsa yang perlu dilestarikan dan ditingkatkan guna menumbuhn kembangkan sikap mental, kepekaan dan daya tanggap setiap warga masyarakat dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban disetiap dilingkungannya masing-masing.

Babin Rudiyanto Sedang memberikan Penjelasan Tentang Manfaat Ronda Malam di Gardu RT. 01 Suku 04. (Dokumen desa.id – foto : badar).

Harapan yang akan dicapai dengan adanya ronda malam ini supaya kampung menjadi aman. Walaupun dengan ronda malam bukan jaminan. Tetapi dengan ronda malam ini melatih kesadaran dan menumbuh kembangkan sikap mental, kepekaan dan rasa persatuan dalam menjaga lingkunganya. Dengan demikian kampun menjadi aman, tertib dan nyaman.

(bdr/tdw)

Facebook Comments
About Badar 192 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan