Belajar Mengaji di TPA Al-Istiqomah

Sebagian SantriwanSAntriwati TPA AL-Istiqomah. (Dokumen desa.id - foto:Badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Belajar mengaji Al-Qur’an di Taman Pendidikan Alqur’an (TPA) Al-Istiqomah  Kampung Tridarma Wirajaya merupakan salah satu pilihan dari beberapa TPA yang berada di Kampung Tridarma Wirajaya. Keberadaan TPA ini menurut Royan Ali sebagai pengurus TPA merupakan TPA yang tersibuk dan tebanyak santrinya. Tujuan TPA ini sebagai wadah untuk menciptakan anak-anak berahlak mulia dan dapat membaca Al-Qur’an serta  pelajaran yang lain.

TPA Al-Istiqomah berdiri tahun 2012.  Sampai dengan sekarang mempunyai siswa/santri 250 santri, dengan tenaga pengajar 17 ustadz dan ustadzah. “Kami mengedepankan pembelajaran ahlak, disamping pelajaran Al-Qur’an, Hadist dan Tajwid.” Sambut Royan Ali pengasuh TPA. Hal ini dibernarkan oleh Jamilatun salah satu Ustadzah di TPA Al-Istiqomah.

Santri Kelas 1 (satu) Belajaar di TPA Al-Istiqoah. (Dokuen desa.id – foto : Badar)

 

Sebagian Santri TPA Al-Istiqomah Sedang Mengikuti Pelajaaran. (Dokumen desa.id – foto : Badar).

Tempat   belajar di TPA ada 6 lokal. Sedangkan jumlah 11 robongan belajar, sehingganya untuk satu lokal ditempati oleh 2 rombongan belajar. Jumlah ustadznya untuk setiap lokal ada 2 (dua) orang. Idianya untuk proses belajar mengajar setiap 1 (satu) rombongan, 1 Lokal. Tetapi hal ini tidak terlalu dirisaukan oleh pengurus, karena anaknya masih kecil-kecil dan ruang belajarnya cukup luas, maka proses belajar mengajar tetap berjalan.

Peran Kampung dalam proses belajar mengajar di TPA Al-Istiqomah cukup besar.  Hal ini terbukti dengan tanah dan sebagian bahan bangunan yang telah dihibahkan untuk pembangunan gedung unit baru TPA. Disamping itu juga operasional yang diberikan melalui banatuan Anggaran Kampung untuk setiap tahunnya Rp 12.000.000 (dua belas juta rupiah).

Dua Ustadzah TPA Al-Istiqomah Sedang Memberikan Penjelasan di Dalam Kelas. (Dokumen desa.id – foto : Badar)

 

Santri Putra dan Putri Kelas 1 (satu) Sedang Belajar di Ruangan ( Dokumen desa.id – foto : Badar).

Selain bantuan dari Kampung untuk menunjang berjalanya proses belajar mengajar, juga keterlibatan orang tua wali murid dalam meberikan sumbangan. Sumbangan tersebut berupa uang yang besarnya tidak sama. jika wali murid mempunyai putra atau putri 2 (dua) atau lebih, maka yang memberikan sumbangan cukup 1 (satu) santri saja. Besanya sumbangan ada beberapa pilihan. pertama besarnya Rp 20.000/siwa. Kedua Rp 10.000,-/siswa dan Ketiga Rp 5.000,-/siswa dan ada beberapa siswa yang dibebaskan dari sumbangan tersebut.

Ada beberapa gendala dalam berjalanya proses belajar mengajar di TPA Al -Istiqomah. Diantarnya sarana penunjang, seperti kitab dan buku pelajaranya lainya. Harpannya ada donatur yang dengan ikhlas untuk menyumbangakan barang berupa kitab, buku pelajaran lainya.

(bdr/tdw)

 

Facebook Comments
About Badar 401 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan