Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung Kunjungi Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Tani Kampung Tridarma Wirajaya

Tim Dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung Foto Bersama. (Dokumen desa.id - foto : Badar).

tridarmawirajaya.desa.id |  Kunjungan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung yang didampingi Dinas Ketahana Kabupaten Tulang Bawang ke Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Tani Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang. Selasa, 06/02/2018.  Kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui apakah KWT Mekar Tani masih aktif dalam kegiatan apa tidak. Selain dari tujuan tersebut disampaikan tentang optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan melalui kawasan rumah pangan lestari (KRPL) tahun 2018.

Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) merupakan bentuk integrasi dari  sekumpulan pekarangan untuk memenuhi penyediaan pangan rumah tangga dan kelompok untuk memenuhi penyediaan rumah tangga dan kelompok masyarakat lainya. Agar kegiatan ini dapat memberi manfaat terhadap keindahan lingkunagan maka perlu dilakukan penataan. Penataan lingkungan kawasan diperlukan untuk mengatur RKPL agar dapat membentuk lingkungan asri dan nyaman., serta menjadi daya tarik bagi orang lain untuk melakukan replikasi. Penataan yang baik menjadikan lingkungan yang indah dan menyenagkan.

Tim Ketahanan Pangan dari Provinsi Bapak Budi Suspriyanto di Dampingi Oleh Bapak Sutikno dan Ibu Sri Lambang Sedang Memberikan Materi kepada KWT Mekar Tani. (Dokumen desa.id – foto : Badar).

Pelaksanaan KRPL merupakan tugas bersama Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat. Sesuai dengan semangat dan paradigma baru pembangunan, peran dan partisipsi masyarakat dalam kegiatan KRPL harus dikedepankan sebagai pelaku utama penentu keberhasilan program. peranan pemerintah tebatas pada fungsi pelayanan, penunjang, fasilitas dan motivasi.

 

Ibu-Ibu Yang Tergabung Dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Tani Sedang Mendengarkan Materi Yang Disampaikan Oleh Bapak Budi. (Dokumen desa.id – foto : Badar).

 

Dalam kunjunganya disampaikan kepada anggota KWT Mekar Tani tentang bagaimana mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan melalui kawasan rumah pangan lestari (KRPL). Tujuan dari KRPL ini, pertama memberdayakan rumah tangga dan masyarakat dalam penyediaan sumber pangan dan gizi melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan dan lahan tempat tinggal setempat. Kedua, meningkatkan kesadaran, peran, dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan pola kunsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA).

Bapak Budi Kusriyanto dan Ibu Sri Lambang Sedang Berada di Calon Lokasi Penangkaran Bibit. (Dokuen desa.id – foto : Badar)

 

Selain dari KRPL juga dipromosikan penganeragaman konsumsi pangan bagi siswa sekolah , agar setiap kelompok KRPL diwajibkan untuk membina 1 (satu) kebun sekolah, yang dikembangkan di lokasi sekolah.   yang akan dikembangkan di kebun sekolah yaitu tanaman sayuran, umbi-umbian  yang bertujuan untuk pebelajaran siswa siswi terhadap konsusi beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA.).

Foto Bersama di Lokasi SDN 02 Tridarma Wirajaya. (Dokumen desa.id – foto : Badar).

(bdr/tdw)

Facebook Comments
About Badar 390 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan