Gotong royong jum’at bersih kampung tridarma wirajaya

Kegiatan Gotong Royong Jum'at Bersih Kampung Tridarma Wirajaya. (dokumen desa.id foto : Rohwandi)

tidarmawirajaya.desa.id | Jum’at, 02/01/2018.Gotong Royong adalah ciri khas budaya bangsa Indonesia yang diwariskan secara turun menurun dan telah menjadi nilai luhur bagi masyarakat Indoneisa. Ada beberapa istilah bahasa gotong royong. Gugur Gunung istilah daerah Jawa Tengah, Sambatan istilah Jawa Timur, Song osong lombhung istilah Madura, Ngayah istilah Bali, dan Sabiruyangan istilah Sunda. Dari banyaknya istilah gotong royong tersebut tetap menjadi satu tujuan, yaitu   merupakan bentuk kerja sama untuk mencapai tujuan yang baik.

Warga RT 01 Suku 03 Rohwandi ikut Serta Gotong Royong membersihkan Lingkungan Jum’at Bersih. (dokuen desa.id – foto : Rohwandi).

Kegiatan gotong royong jum’at bersih Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang Jum’at, 02/02/2018 dilaksanakan di dua lokasi. Lokasi  pertama dilaksanakan di suku 03 dan lokasi ke dua di halaman massjid Al-Falah suku 02. Gotong Rotong yang dilaksanakan di Suku 03 berlokasi sepanjanag jalan dari Masjid Nurul Jadid ke arah Perempatan Gedung Walet sepanjang 200 M dengan pesertanya warga suku 03.  Sedangkan lokasi kedua di halaman Masjid Jami’ Al-Falah peserta gotong royong warga suku 02.

Kegiatan gotong royong disamping wujud nyata dari semboyan Kabupaten Tulang Bawang, Bergerak Melayani Warga (BMW) sudah mulai menjadi kesadaran warga Kampung Tridarma Wirajaya untuk hidup bersih dan sehat. Hal ini dibuktikan dengan kekompakan warga dalam bergotong royong membersihkan lingkungan tanpa diperintah oleh Ketua RT.

Warga Suku 03 RT 03 Gotong Royong Membersihkan Lingkungan. (dokumen desa.id – foto : Rohwandi)

Sebagaimana telah ketahui bersama disamping gotong royong yang merupakan warisan budaya nenek moyang, juga merupakan wadah silaturahmi warga untuk saling bertemu dan bercanda yang waktu satu minggu tidak pernah bertemu karena kesibukan   masing-masing. Inilah nilai-nilai gotong royong yang harus kita pertahankan.

 Dengan semangat gotong royong ini mari kita bangun Kampung Tridarma Wirajaya agar menjadi Kampung yang bersih dan sehat. Dengan Kampung yang bersih dan sehat maka masyarakat akan semakin sejahtera baik lahir maupun bathin. Jika sudah demikian maka Kabupatenpun akan menjadi Kabupaten yang bersih dan sehat.

 

(bdr/tdw)

 

Facebook Comments
About Badar 390 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan