Silaturahmi dengan Belajar Komposisi Fotografi dan Vidiografi

Dana Putra Yuda Bersama Operator Kecamatan Banjar Margo Sedang Membahas Komposisi Fotografi dan Vidiografi. (Dokumen desa.id - Foto : Badar).

tridarmawirajaya.desa.id | Tridarma Wirajaya, 01/02/2018. Silaturahmi dengan teman-teman operator Banjar Margo dengan belajar  Koposisi Fotografi  dan Vidiografi merupakan kegiatan yang mengasyikan. Rabu, 31/01/2018.  Pertama memang sudah lama tidak pernah berkumpul,  kedua karena materi ini merupakan hal yang baru, sehingga waktu terasa sangat cepat. Pebelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kualitas gambar yang di ambil oleh operator situs desa.id. serta koposisi pengambilan gambar yang benar.

Ada beberapa hal yang perlu temen-teman ketahui tentang pengambilan gambar dan tekhnik mengedit foto. Hal ini sangat penting untuk diketahui dan dipelajari. Sebab dengan tekhnik Editing Foto ini tidak dimiliki oleh semua orang. Dalam pengambilan foto dipastikan semua orang dapat melakukan, tetapi teknik pengambilan gambar yang benar harus belajar terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kwalitas gambar dan posisi gambar menjadi benar, enak dipandang dan berkesan eksklusif.

Dana Putra Yuda di Bantu Suez Sedang Memberikan Penjelasan Koposisi Fotografi dan Vidiografi. (Dokumen desa.id – fhoto : Badar)

Salah satu unsur yang membangun sebuah komposisi foto adalah sudut pengambilan objek. Ada beberapa jenis sudut pengambilan foto biasa disebut angle yang biasa kita terapkan dalam memotret, yaitu bird eye, objek yang difoto lebih rendah dari posisi kita biasanya untuk memotret manusia. High eye, berbeda dengan bird eye walau kita sama-sama berada pada posisi foto lebih tinggi dari objek foto. Eye level, sudut pengambilan gambar dimana kamera dan objek sejajar. Low angle, sudut peotretan objek lebih lebih tinggi dari kaera. Frog eye, sudut penglihatan sebatas mata katak. Pada posisi ini kamera berada di dasar bawah, hampir sejajar dengan tanah.
Selain tersebut di atas, perencanakan konsep dan objek apa yang akan diabil sebelum memotret juga bisa membantu memudahkan mengatur komposisi foto, karena sudah terbayang sebelumnya ingin membuat foto seperti apa.

Dana Putra Yuda Relawan TIK Tulang Bawang Memberikan materi Komposisi Fotografi dan Vidiografi. (Dokumen desa.id – Foto : Badar).

Ternyata tidak semudah yang saya bayangkan dalam pengambilan objek foto.” kata Suez operator Kampung Penawar Rejo. “Saya berterimakasih atas ilmunya yang didapat pada sore hari ini harapan saya mudah-mudahan kedepanya dapat menampilkan foto yang baik dan benar.” lanjutnya.

 

(bdr/bdr)

Facebook Comments
About Badar 408 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan