Penyaluran rastra kampung tridarma Wirajaya

Petua TKSK Rismayanti dan PSM Jamilatun Sedang Memberikan Pengarahan kepada Calon Penerima Rastra.(dokumen desa.id - foto : Haryanto)

tridarmawirajaya.desa.id | Kamis, 25/01/2018. Penyaluran Beras Rastra di Kampung Tidarma Wirajaya telah dilakukan   di balai Kampung bagi   kelompok masyarakat berpendapatan rendah dengan    tujuan untuk mengurangi beban pengeluaran para Keluarga Sasaran Penerima Manfaat (KPM) dalam memenuhi kebutuhan pangan. Selain itu juga untuk meningkatkan akses masyarakat berpendapatan rendah dalam pemenuhan kebutuhan pangan pokok sebagai salah satu hak dasarnya.

Penyaluran beras bersubsidi bagi masyarakat berpendapatan rendah telah dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia sejak tahun 1998. Program ini pada awalnya disebut dengan Operasi Pasar Khusus (OPK) yang dilaksanakan sebagai program darurat untuk merespon krisis ekonomi yang terjadi pada saat itu. Pada perkembangannya, program beras bersubsidi diperluas fungsinya sebagai bagian dari program perlindungan sosial yang bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat berpendapatan rendah dalam pemenuhan hak dasar berupa kebutuhan pangan pokok dan dikenal dengan sebutan Raskin/Rastra.

Peserta Penerima Beras Rasta Kampung Tridarma Wirajaya. (dokumen desa.id – foto : Badar).

 

Salah Satu Penerima Rastra Sedang Tanda Tangan. (dokumen desa.id – foto : Badar).

Penyaluran beras Rastra di tahun 2018 ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Di tahun sebelumnya, penyaluran beras Rastra setiap penerima manfaat beras rastra mendapatkan 15 Kg setiap bulan dengan menebus Rp. 1.600 per kilogramnya. Untuk penyaluran beras Rastra tahun 2018, pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia ( Puan Maharani ) mengeluarkan Pedoman Umum Bantuan Sosial Beras Sejahtera Tahun 2018.
Beras rastra ( beras miskin. red) disalurkan kepada    126 Kepala Keluaraga dengan jumlah 10 Kg.setiap Kepala Keluarga dan tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Kepala suku 01 Margo sedang Menyerahkan Rastra. (dokumen desa.id – foto : Badar).
Kepala Suku 02 Suja’i Sedang Menyerahkan Rastra kepada Warganya. (dokumen desa.id – foto: Badar).

Hadir dalam penyaluran tersebut Ibu Rismayanti, S.Kom TKSK Kecamatan Banjar Agung. penyampaian maaf karena dari dinas sosial tidak dapat hadir.  Bantuan Sosial beras pra sejahtera (Bansosprarasta) jika dulu disebut raskin  lewat bidang perekonomian, sedangkan sekarang lewat dinas sosial. Untuk Bapak-bapak dan Ibu-ibu yang mendapatkan bansosprarasta sekarang, belum tentu bulan depan akan mendapatkan kembali.

TKSK Banjar Agung Ibu Rismayanti dan PSM Kampung Tridarma Wirajaya Jamilatun, Sedang Menyerahkan Rastra. (dokumen desa.id – foto : Umi)

 

Kepala Suku 04 Suker Sedang Menyerahkan Rastra. (dokumen desa.id – foto : Badar)

Bagi warga bantuan ini sangat berarti dan bersyukur sekali, mengingat bahan sembako khususnya beras sekarang harganya Rp 10.500/Kg. “Harapannya jika mendapat bantuan kembali tidak ada perubahan, sehingga yang mendapatkan bantuan sekarang yang akan datang mendapatkan kembali.” ujar ibu Momoh salah satu warga yang mendapatkan bantuan.

 (bdr/bdr)
Facebook Comments
About Badar 408 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Tinggalkan Balasan