Bantuan sosial untuk lansia, anak yatim dan disabilitas kampung moris jaya

<p align="center"Acara Pemberian Bantuan keuangan Bagi lansia, Anak Yatim dan Penyandang Disabilitas. (dokumen desa.id - foto : Badar).

tridarmawirajaya desa.id | Tridarma Wirajaya, 20/01/2018. Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi Desa dan Desa Adat yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah kabupaten/kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaran pemerintahan, pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat, dan kemasyarakatan.

Dana Desa digunakan untuk membiayai program dan kegiatan bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa yang ditujukan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas masyarakat Desa dengan mendayagunakan potensi dan sumberdayanya sendiri sehingga Desa dapat menghidupi dirinya secara mandiri.

Lansia, Anak Yatim dan Penyandang Disabilitas Berkumpul di Balai Kampung Moris Jaya untuk menerima Bantuan Keuangan APBK TA. 2017. (dokumen desa.id – foto : Badar).

Dalam implementasikan Dana Desa,   Kampung Moris Jaya melalui bidang empat, yaitu Bidang Pemberdayan Masayarakat menganggarkan sejumlah Rp 12.000.000,- (dua belas juta rupiah) yang diperuntukan menyantuni Lansia, Anak Yatim dan penyandang disabilitas yang jumlahnya 40 orang. “Anggaran ini adalah anggaran tahun 2017 bersumbe dari dana desa tetapi baru diberikan sekarang.” Ujar Bendahara Kampung Fathkhur kemarin 19/01/208 di Balai Kampung Moris Jaya.

Pada dasarnya, penyandang disabilitas membutuhkan intervensi agar bisa menjalankan hidup yang normal dan layak serta menjalankan fungsinya sebagai anggota masyarakat. Namun di sisi lain mereka juga ingin diperlakukan sebagai individu yang setara dan mandiri, tanpa harus mengundang belas kasihan yang berlebihan. Begitu juga bagi anak yatim dan lansia yang harus mendapatkan perhatian khusus dari kampung. Disampaikan juga oleh Kepala Kampung Moris Jaya, Suparno “Sebenarnya masih ada lansia yang ada di kampung kita karena keterbatasan keuangan, maka insyaalloh tahun depan dianggarkan kembali”

Anak Yatim dan Piatu Sedang Menerima Bantuan Keuangan Yang disampaikan oleh Ketua BPK (Seno) di Balai Kampung Moris jaya. (dokumen desa.id – foto : Badar).

Kepala Kampung Sedang Membagikan Santunan Kepada Anak Yatim. (dokumen desa.id – foto : Badar)

 Dengan kepastian pembiayaan tentu ini menjadikan rangsangan bagi Desa untuk membangun dan menjadikan Desa lebih mandiri. Tentu semuanya tergantung dari sumber daya manusia di Desa apakah sanggup melaksanakannya ataupun tidak. Diperlukan kerjasama yang harus bersinergi dari seluruh komponen baik itu Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Desa dan seluruh masyarakat agar dana ke Desa yang besar tidak diselewengkan sehingga dapat digunakan sepenuhnya untuk pembangunan di Desa.

Ketua BPK Moris Jaya, Seno Memberikan Santunan Kepada Lansia. (dokumen desa.id – foto : Badar)

Disampikan juga oleh Ketua BPK, SeDengan harapan uang tersebut dapat dipergunakan sebai-baiknya walaupun jumlahnya tida seberapa tapi inilh bukti kepedulian sosial dari Kampungno Hal penting yang harus diperhatikan adalah kemampuan para aparatur di Desa dan seluruh stekholder menginterpretasikan regulasi dan mengimplementasikan maksud dari regulasi yang dibentuk. Kekhawatiran terjadi penyelewengan Dana Desa juga disoroti oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam beberapa kesempatan dan juga hal ini menjadi konsentrasi bagi aparat hukum seperti Kejaksaan dan Kepolisian. Sebenarnya kita harus berbangga dengan perhatian yang begitu besar terhadap berlakunya Undang-Undang Desa. Desa harus  pertanggungjawaban dan pelaporan tanpa mengesampingkan fleksibelitas dan kemampuan dari Aparatus Desa itu sendiri. Jika ini bisa berjalan dengan baik, maka tidak ada suatu hal yang dikhawatirkan tentang berlakunya Undang-Undang Desa sehingga cita-cita Bangsa Indonesia yang termaktub dalam Undang-Undang Dasar 1945 yaitu terciptanya kesejahteraan umum dan berkeadilan sosial.

PSM Kecamatan Banjar Agung Ikut Dalam Rapat Koordinasi di Kampung Moris Jaya.(dokumen desa.id – foto: Badar).

 

(bdr/bdr)

Facebook Comments
About Badar 410 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan