Ibu-Ibu Hamil (Bumil) Kampung Tridarma Wirajaya, Wajib Mengikuti Posyandu

Bidan Hernawati Bidan Desa Sedang Memberikan Susu Kepada Ibu Hamil. (dokumen desa.id - foto : Badar )

tridarmawirajaya.desa.id | Tridarma Wirajaya, Rabu, 17/01/2018. Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dilaksanakan oleh, dari, dan bersama masyarakat. Posyandu bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan dalam memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan anak balita.

Upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu bukan semata-mata tanggungjawab pemerintah saja, namun semua komponen yang ada di masyarakat, termasuk kader. Peran kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar karena selain sebagai pemberi informasi kesehatan juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Inilah Senam Ibu-Ibu Hamil yang Diajarkan Oleh Bidan Desa, Ibu Hernawati, HB. (dokumen desa.id – foto : Hernawati)

Kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Ibu-ibu hamil (Bumil) Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang dilaksanakan Senin, 15/01/2018 di gedung Posyandu Dahlia. Dalam kegiatan ini diharapkan agar ibu-ibu hamil selalu aktif mengikuti posyandu agar ibu dan anak dalam kandungan selalu terpantau dan sehat. Kegiatan berlangsung tangal 15 setiap bulan, dan dapat berubah jika tanggal 15 adalah tanggal merah atau hari libur. Diikuti oleh 15 ibu hamil yang aktif, dan ada juga ibu hamil yang tidak aktif mengikuti Posyandu.

Disampaikan oleh ibu Hernawati Ibu Hamil perlu mengonsumsi aneka ragam pangan yang lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan energi, protein dan zat gizi mikro (vitamin dan mineral) karena digunakan untuk pemeliharaan, pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan serta cadangan selama masa menyusui.Zat gizi mikro penting yang diperlukan selama hamil adalah zat besi, asam folat, kalsium, iodium dan zink. Kebutuhan protein selama kehamilan meningkat. Peningkatan kebutuhan ini untuk pertumbuhan janin dan untuk mempertahankan kesehatan ibu. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi pangan sumber protein hewani seperti ikan, susu dan telur.

Ibu-Ibu Hamil Sedang Mendengarkan Penjelasan dari Bidan Desa, Hernawati, HB. (dokumen desa.id – foto : Hernawati).

Kebutuhan zat besi selama kehamilan meningkat karena digunakan untuk pembentukan sel dan jaringan baru. Selain itu zat besi merupakan unsur penting dalam pembentukan hemoglobin pada sel darah merah. Kekurangan hemoglobin disebut anemia atau disebut “penyakit kurang darah” dapat membahayakan kesehatan ibu dan bayi seperti BBLR, perdarahan dan peningkatan risiko kematian. Ikan, daging, hati dan tempe adalah jenis pangan yang baik untuk ibu hamil karena kandungan zat besinya tinggi Ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi satu tablet tambah darah perhari selama kehamilan dan dilanjutkan selama masa nifas.

Ibu-Ibu Hamil Posyandu Dahlia Mendapatkan Bantuan Susu dan Sayuran. (dokumen desa.id – foto : Hernawati)

Kegitanan Posyandu kali ini adalah pemeriksaan rutin ,senam ibu hamil  dan pembagian susu serta sayuran. Yang merupakan tambahan asupan gizi yang diterima oleh ibu-ibu. Dengan harapan ibu-ibu selama hamil selalu menjaga kesehatan dan anak yang dikandung menjadi anak sehat.

(bdr/bdr)

 

 

 

Facebook Comments
About Badar 390 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan