Bimtek Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih PPS dan PPDP Se-Kecamatan Banjar Agung

PPK, Panwas dan PPL Kecamatan Banjar Agung dalam Bimtek Pemutakhiran Data dan Penyusunan Data Pemilih.

tridarmawirajaya.desa.id | Tridarma Wirajaya, 13/01/2018. Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum telah menggariskan Tugas, Wewenang, dan Kewajiban Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) . Hal ini telah dilakukan beberapa tahapan oleh PPK Kecamatan Banjar Agung tadi siang, Sabtu, 13/01/2018. Dalam rangka Bimtek Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih PPS se-Kecamatan Banjar Agung. Hadir dalam Bimtek  PPDP 37 oramg, PPS 12 orang, Panwascam dan PPL, Komisioner KPU (Ibu Resa)

Peserta dan PPK dalam Bimtek Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih PPS dan PPDP foto Bersama. (dokumen desa.id – foto : Elda)

Sebagaimana kita ketahui tugas dan kewajiban PPK diantaranya adalah membantu KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota dalam melakukan pemutakhiran data pemilih, daftar pemilih sementara, dan daftar pemilih tetap. Membantu KPU Kabupaten/Kota dalam menyelenggarakan Pemilu.melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan Pemilu di tingkat kecamatan yang telah ditetapkan oleh KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota. Menerima dan menyampaikan daftar pemilih kepada KPU  Kabupaten/Kota. Mengumpulkan hasil penghitungan suara dari seluruh PPS di wilayah kerjanya.

Peserta Bimtek Pemutakhiran Data dan Penyususnan Mata Pilih PPS dan PPDP sedang Menyanyikan Lagu Indonesia Raya. (dokumen desa.id – foto : Elda)

Sedangkan Tugas, wewenang, dan kewajiban PPS diantaranya meliputi membantu KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, dan PPK dalam melakukan pemutakhiran data pemilih, daftar pemilih sementara, daftar pemilih hasil perbaikan, dan daftar pemilih tetap. Membentuk KPPS. Mengangkat petugas pemutakhiran data pemilih. Mengumumkan daftar pemilih.menerima masukan dari masyarakat tentang daftar pemilih sementara. Melakukan perbaikan dan mengumumkan hasil perbaikan daftar pemilih sementara. Menetapkan hasil perbaikan daftar pemilih sementara untuk menjadi daftar pemilih tetap.mengumumkan daftar pemilih tetap dan melaporkan kepada KPU Kabupaten/Kota melalui PPK.menyampaikan daftar pemilih kepada PPK.

Peserta Bimtek Dalam Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Mata Pilih PPS dan PPDP sedang Mengikuti Materi. (dokumen desa.id – foto : Elda).

Disampaikan juga oleh Ketua PKK bapak Mukminin, sebelum A-KWK pemetaan dikembalikan ke KPU Kabupaten untk dicek kembali jumlah L/P pemilih 1 kampung pada A KWK PEMTAAN harus sama dengan jumlah L/P pemilih 1 kampung pada A KWK sebelumnya. Tidak terdapat perubahan, penambahan, pengurangan data dari A KWK sebelumnya, kecuali pemindahan/pemetaan ke TPS aktif. Pastikan sudah tidak ada lagi pemilih yang tertinggal di TPS 0, TPS 0 sudah dipetakan semua, walaupun terdapat pemilih yang tidak dikenal atau TMS “Tidak Memenuhi Syarat”

Karena tahapan sekarang barulah hanya tahapan pemetaan, bukan tahapan pemutakhiran/coklit, teliti kembali, karena akan berdampak pada ketidakvalitan data saat proses coklit/pemutahiran.

Harapan PPDP dapat menghasilkan data pemilih yang akurat sesuai dengan PKPU No 2 tahun 2017. Sehingga dalam pelaksanaan Pilgub dan Wakil Gubernur Lampung tidak ada masalah.

(bdr/bdr)

 

 

Facebook Comments
About Badar 401 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan