Inovatif Desa Membawa Masyarakat Lebih Sejahtera

Tim PID Kecamatan Banjar Agung Datang Ke Kantor Kampung Tridarma Wirajaya.

tridarmawirajaya.desa.id | Tridarma Wirajaya, 10/01/2018. Kunjungan TPID Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang dipimpin langsung oleh Ahmad makruf beserta 4 anggota di Kantor Kampung Tridarma Wiraaya, Rabu, 10/01/2018. Kedatangan tim tersebut disambut oleh Juru Tulis Kampung dan perangkat kampung. Dalam Kunjunganya Tim akan mengenali inovatif Kampung yang akan menjadi program unggulan Kampung melalui Inovasi Kampung.

Dalam kesempatan ini Ahmad Makruf menyampaikan tentang Program Inovasi Desa merupakan program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa, PDTT). Maksudnya untuk membangun Desa kreatif dan berinovasi untuk mendorong pengembangan ekonomi lokal. Juga replikasi teknologi, dan percepatan pembangunan Desa guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Ahmad Makruf Ketua TPID,Rina, Siti dan Kawan-kawan Berkunjung ke Kampung Tridarma Wirajaya.

Untuk mendukung profgram tersebut Kampung Tridarma Wirajaya ada empat program unggulan melalui PID ini, yaitu Sarana Olahraga berupa Lapangan Bola kedua Lapak di pasar kampung yang merupakan kaki lima, ketiga peningkatan kesehatan bagi ibu-ibu hamil dan balita dan yang terakhir adalah peningkatan ekonomi melalu pruduksi rumah tangga berupa pembuatn batu bata bolong dan genteng. Empat program ungulan yang disajikan oleh Kmapung Tridarma Wirajaya tersebut sudah mendapat respon oleh tim PID Kecamtan Banjar Agung, tetapi belum final dikarenakan kepala Kampung yang seharusnya ada di tempat belum dapat hadir dikarenakan sedang rapat Penyusunan RAB Kampung di Kampung Tunggal Warga.

Bu Siti dan Kawan-Kawan Di Kantor Kampung Tridarma Wirajaya.

Badar berharap gerakan inovasi desa diharapkan dapat membangun momentum dan menjaring komitmen para pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dan berkoordinasi dalam peningkatan kualitas pembangunan kampung yang lebih inovatif. Karena inovatif  Desa merupakan wadah yang mempertemukan berbagai komponen desa  untuk saling bertukar gagasan, pengetahuan dan inovasi yang dapat direplikasi di desa mereka. Tidak hanya itu, Bursa Inovasi Desa juga menjadi media bagi pelaku pembangunan desa untuk memberikan masukan terhadap pengalaman inovasi yang sudah mereka lakukan namun belum terangkat.
Dalam program inovasi desa, pengembangan inovasi yang aplikatif, tidak bergantung pada teknologi tinggi atau pihak pemilik program, melainkan datang dari upaya-upaya masyarakat atau pemerintah.  Dengan demikian kampung akan lebih maju dalam pembanguanan dalam mengoptimalkan dana desa.

Ahmad Makruf Sedang Memberikan Pengarahan Kaitanya Dengan Program Inovatif Desa.

 

(bdr/bdr)

Facebook Comments
About Badar 405 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan