Pelatihan SiDeKa dan Website Desa Se-Kecamatan Gedung Aji Baru

Camat Gedung Aji Baru Bapak Waloyu dan RTIK Dana Putra Yuda Dalam Pelatihan SiDeKa. (dokumen desa.id - foto : Badar)

tridarmawirajaya.desa.id | Tridarma Wirajaya, 09/01/2018. Pelatihan SiDeKa dan Wibsite desa di Kecamatan Gedung Aji Baru berlangsung sangat ramai. Hadir dalam pelatihan tersebut semua Operator dan Kepala Kampung yang bersda di wilayah administratif Kecamatan Gedung Aji Baru. Pelatihan tersebut dilaksnakan pada hari Minggu, 07/01/2018. Dengan nara sumber Dana Putra Yuda RTIK Kabupaten Tulang Bawang.

Peserta Pelatihan Sedang Mendengarkan Sambutan Camat Gedung Aji Baru. (dokumen desa.id – foto : Badar).

Dana Putra Yuda RTIK Kabupaten Tulang Bawang Sedang Menyampaikan Materi. ( Dokumen desa.id – foto:Badar).

Kita akan menyongsong di tahun 2018 ini dalam pelaksanaan administrasi   menggunakan SiDeKa dimana kampung    memiliki  hak untuk mengakses dan mendata semua kegiatan dan aktiitas.” Sambut Camat Kemudian  dijelaskan pula bahwa Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pesrta Pelatihan SiDeKa Kecamatan Gedung Aji Baru. (dokumen desa.id – foto : Badar).
Novianto diantara Peserta Pelatihan SiDeKa . (dokumen desa.id – foto ; Badar).

Data dan informasi yang ada akan sangat membantu bukan hanya bagi pemerintah desa melainkan bagi pemerintah kabupaten dan pemerintah pusatdalam merumuskan berbagai kebijakan tentang desa.Pada titik inilah desa membutuhkan cara-cara baru yang   secara kongkrit menjadi bagian dari penyelesaian masalah-masalah bangsa, dan sekaligus memastikan bangsa mencapai masa depannya yang lebih baik dan lebih bermakna. Bagi desa politik baru yang dimaksud tentu adalah suatu langkah pembangunan yang menempatkan desa di garis depan. Desa dalam hal ini bukanlah sekedar wilayah administratif semata,  namun sebagai “aktor” (subyek), perspektif dan arena. Oleh sebab itulah desa membutuhkan cara yang sepenuhnya baru,   yang di dalam hal ini, akan dikembangkan dengan sebuah sistem  yang dinamai Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDeKa) Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDeKa) tidak bisa  hanya dilihat sebagai langkah teknis dan administratif. Akses informasi harus  diletakkan dalam kerangka yang lebih luas sebagai pintu yang membuka banyak kemungkinan bagi desa untuk ambil bagian dalam mengurus urusan rumah tangganya, dan pada saat yang bersamaan menjadi langkah kontribusi desa dalam ikut menjadi bagian dari penyelesaian masalah-masalah bangsa.

Salah Satu Kepala Kampung (Bapak Sutrisno) Sedang Memberikan Sambutanya dalam Pelatihan SiDeKa. (dokumen desa.id – foto:Badar).
Kepala Kampung Sido Mukti (Ibu Yuni) Mengikuti Pelatihan SiDeKa. (dukomen desa.id – foto : Badar).

Operator Kampung dan Kepala Kampung Cukup senang dan antusias sekali dalam mengikuti pelatihan kegiatan ini. Setelah mengerti begitu penting dan simpelnya Sideka, maka dilanjutkan dengan pelatihan membuat berita menggunakan Wibsite desa dan langsung bisa. “Melihat bahwa SiDeKa begitu pentingnya maka kebutuhan yang menyangkut SiDeKa ini akan dianggarkan melalui APBK 2018.” Sambut kepala Kampung Sutrisno.

(bdr/bdr) sumber : Bp2DK

 

 

 

Facebook Comments
About Badar 405 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan