Pertemuan Pengajian Jum’atan Ibu-Ibu Muslimat di Masjid Nurul Jadid

Ustadz Royan Ali Sedang Memberikan Tausiyah kepada Jama'ah Pengajian Ibu-Ibu. (dokumen desa.id - foto : Badar).

tridrmawirajaya.desa.id | Tridarma Wirajaya, 05/01.2018. Pengajian Pertemuan Ibu-Ibu Muslimat setiap hari Jum’at minggu pertama berlangsung di Masjid Nurul Jadid Suku 04 Kampiung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang. Rabu, 05/01/2018. Hadir dalam pertemuan itu Jama’ah Pengajian dari Kampung Moris Jaya, Trimukti Jaya, Tri Mulya Jaya dan tuan rumah sendiri Kampung Tridarma Wirajaya.

“Pengajian ini berlangsung sudah cukup lama sekitar 7 tahun yang pesertanya adalah jama’ah ibu-ibu dari 4 Kampung, yaitu Kampung Moris Jaya, Kampung Trimukti Jaya. Kampung Trimulya Jaya dan Kampung Tridarma Wirajaya dengan sistim bergilir setiap minggu pertama dalam satu bulan.” Kata ibu Jamilatun Ketua Muslimat Kampung Tridarma Wirajaya.

Ibu Jamilatun sedang Membaca Sholawat Nabi dalam Pengajian Rutin Jum’a’atan. (dokumen desa.id – foto : Badar).

Tujuan dari pengajian ini sebagai wadah untuk mempererat tali silaturrahmi ibu-ibu  disamping menambah ilmu keagamaan yang akan diimplementasikan dalam kehidupan hari-hari.  Dalam pengajian ini disampaikan juga Ada empat perkara sebagai mutiara manusia, yang dapat hilang dengan empat perkara lain, ialah : 1. akal dihilangkan oleh marah, 2. Agama dihilangkan oleh hasud, 3. Malu dihilangkan oleh tamak dan 4. amal shalih dihilangkan oleh menggunjing.

Jama’ah Pengajian dari Kampung Trimulya Jaya. (dokumen desa.id – foto : Badar).
Jamah Pengajian Ibu-ibu dari Kampung Moris Jaya. (dokumen desa.id – foto : Badar).
Kemudian dijelaskan satu persatu oleh ustadz Royan Ali. yaitu :

1. Akal dihilangkan oleh Amarah

Akal merupakan karunia yang tinggi bagi manusia. Dengan akal manusia dapat membedakan antara yang baik dan yang buruk, dapat membedakan antara yang membahayakan dan yang bermanfaat, dengan akal kita juga dapat mencapai prestasi yang tinggi.

Begitu pentingnya manusia menggunakan akalnya, hal ini dijelaskan oleh Allah SWT, agar senantiasa menggunakan akal yang banyak diulang dalam Al-Qur’am yaitu kalimat : ” Apakah Kamu Tidak Menggunakan akal ? “.

Lantas terhadap akal itu kita harus menjaganya dengan menjaga amarah, sebab marah dapat menghilangkan akal sehat, orang membunuh karena marah, hubungan jadi renggang karena marah.

 2. Agama dihilangkan oleh Hasud/Dengki

Hasud atau lebih populer dengan istilah dengki adalah sikap bathin yang tidak senang kepada orang lain yang mendapat kenikmatan, sekaligus mengharapkan hilangnya kenikmatan itu pada orang lain.

Penyakit dengki merupakan penyakit tertua seumur dengan sejak adanya manusia pertama ( Nabi Adam As, yaitu Qabil putera Adam hasud atau dengki terhadap saudaranya Habil.

3. Malu dihilangkan oleh tamak

Tamak adalah sikap batin yang menginginkan agar kenikmatan itu didapatkan sebanyak-banyaknya meskipun dengan cara yang tidak benar, apabila tamak mendarah daging dalam diri manusia maka manusia tidak akan pernah merasa puas atas apa yang sudah ia miliki.

Tamak merupakan salah satu dari tiga sumber-sumber dosa selain takabur dan sombong, sikap tamak ini jugalah yang menyebabkan lahirnya koruptor, kolusi, dan nepotisme. Malu merupakan mutiara yang sangat berharga. Dengan malu seseorang mempunyai harga diri, tanpa sifat malu seseorang tidak mempunyai harga diri.

4. Amal shalih dihilangkan oleh menggunjing.

Gunjing atau dalam bahasa arab dikenal dengan ghibah adalah menceritakan keburukan seseorang kepada orang lain, sedangkan jika benar terjadi maka itulah ghibah, namun jika tidak benar itu adalah fitnah.

 

Jama’ah Pengajian Ibu-ibu dari Kampung Trimukti Jaya. (dokumen desa.id – foto : badar).
Jama’ah Pengajian Ibu-Ibu dari Kampung Tridarma Wirajaya. (dokumen desa.id – foto Badar).

“Harapan dari pengajian rutin bulanan ini semoga jamaah selalu diberi kesehatan lahir dan bathin, diberi ketetapan ilmu dan iman. serta dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.” Sambut salah Satu Jama’ah ibu Titin Kharisma dari Moris Jaya.

(bdr/bdr)

Facebook Comments
About Badar 401 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan