Kunjungan Lapangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulang Bawang ke Poktan Karya Baru

Dinas Tanaman pangan Kabupaten Tulang Bawang,PPL dan Ketua Kelompok Tani Foto Bersama di kebun Kedelai. (dokumen desa.id - foto : badar).

tridarmawirajaya.desa.id | Tridarma Wirajaya, 03/01/2018. Dinas Pertanian melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan Kabupaten Tulang Bawang beserta Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dari BP3K Kecamatan Banjar Agung turun ke lapangan untuk melihat tanaman jagung dan kedelai yang berada di Kelompok Tani Karya Baru Kampung Tridarma Wirajaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang, Rabu,03/01/2018.

Dalam kunjungannya Bapak Iswanto dan rombongan langsung menuju kebun jagung dan kedelai milik Bapak H. Natim anggota kelompok tani Karya Baru. Dua jenis tanaman yang dibudidayakan oleh H Natim yaitu jagung seluas 1 Ha, dengan rincian 0,5 Ha telah dipanen sedangankan yang 0,5 masih belum dipanen. sedangkan kedelai yang ditanama seluas 0,25 Ha. Melihat langsung tanaman kedelai dan jagung dengan benih   bantuan dari dinas pertanian Kabupaten Tulang Bawang Bapak Iswanto bergembira, karena bantuan yang diberikan benar-benar dimanfaaatkan oleh petani seperti dilihat langsung.

Bapak Iswanto Beseserta , Bapak Erman dan Bapak Mulyono foto Bersama di Kebun Kedelai. (dokumen desa.id – foto:Badar).

 

Bapak Iswanto dan Bapak Imam Foto bersama di Kebun Jagung Milik Bapak H. Natim. (dokumen desa.id – foto : badar).

Selain tanaman jagung dan kedelai meilik bapak H Natim Bapak Iswanto beserta rombongan juga melihat tanaman jagung milik Bapak Badar seluas 0,5 Ha. Hampir tidak percaya bahwa benih yang diberikan kepada petani membuahkan hasil yang memuaskan. Jagungnya besar-besar dan buah kedelainya begitu lebat. Disampaikan juga kepada PPL untuk masa tanam 2018 didata ulang untuk  kebutuhan petani akan benih jagung dan kedelai.

Tanaman jagung milik Bapak H Natim benih bantuan dari Dinas Pertanian Kab. Tulang Bawang. (dokumen desa.id – foto : badar).
Pak Iswanto di kebun Jagung Milik Bapak Badar Kelompok Tani Karya Baru dengan benih bantuan dari dinas pertanian. (dokumen desa.id – foto : Badar).
PPL BP3K Kecamatan Banjar Agung yang ikut Mendampingi Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Tulang Bawang. (dokumen desa.id – foto : Badar).

Usaha keras yang dilakukan oleh Petugas Penyuluh Lapangan Bapak Erman. tidaklah sia-sia hal ini bibuktikan dengan banyaknya minat para petani yang beralih funsi dari tanaman kebun karet ke tanaman pangan berupa singkong, jagung,kedelai dan umbi-umbian. ini adalah kerja keras untuk mendukung kabupten tulangbawang swasembada pangan.

Harapan dari kelompok tani karya baru kedepannya lebih derhatikan lagi terutama  kebutuhan  bibibt tanaman pangan yang tepat waktu tanam. Selain itu penyuluhan-penyuluhan berkaitan denan peningkatan kesejahteraan petani.

 

 

(bdr/bdr)

Facebook Comments
About Badar 374 Articles
Juru Tulis Kampung Tridarma Wirajaya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan